Jambore Forum Anak Jawa Barat 2017 bicara Seni Tradisi

682

 

Bandung (kla.id) – Seni tradisional dalam wujud permainan tradisional adalah identitas bangsa yang harus terus dijaga dan dilestarikan dalam jiwa anak sebagai karakter Forum Anak Jawa Barat yang cinta tanah air dan bangsanya, hal ini disampaikan oleh Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat pada saat pembukaan Jambore Forum Anak Jawa Barat di Hotel Lembang Asri Resort Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 28 September 2017 yang lalu.

Jambore Forum Anak Jawa Barat ini ditujukan sebagai ajang silaturahmi, character building dan sharing antar pengurus Forum Anak Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Dan untuk tahun 2017 ini mengusung tema “Ngaraksa Ngariksa Budaya Daerah Malahmandar Betah Tur Galumbira” yang menggambarkan pentingnya melestarikan budaya daerah untuk pembentukan karakater anak khususnya Forum Anak Jawa Barat.

Jambore Forum Anak ini diikuti oleh 265 orang peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus Forum Anak dari 27 Forum Anak Kabupaten/Kota dan Forum Anak Provinsi. Acara dimulai dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Dra. Hj. Dian Mardianawati, M.Pd selaku Kepala  Bidang Pemenuhan Hak Anak yang dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat. Pemateri dalam acara ini menghadirkan Drs. Dermawan, M.Si selaku Asisten Deputi Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak KPP PA RI dengan membawakan materi “Menjadikan Forum Anak Jawa Barat sebagai Pelopor dan Pelapor”, “Kak Mal” selaku pendongeng anak dengan tema “Motivasi Akhlak Mulia” dan Ustadz Sunardi untuk sesi muhasabah dan pengenalan diri. Selain penyampaian materi dalam Jambore kali ini juga dibuat game-game individu dan kelompok dengan lebih mengedepankan permainan tradisional seperti egrang, lompat tali, sorodot gaplok, dll sesuai dengan tema Jambore. Peserta sangat menikmati seluruh rangkaian acara, sampai-sampai beberapa anak tidak mau berhenti untuk bermain permainan tradisional yang disediakan panitia.

Kegiatan ini terselenggara antas kerjasama DP3AKB Provinsi Jawa Barat dengan Forum Anak Provinsi Jawa Barat dan Event Organizer Green.

Semoga kegiatan ini dapat terus mengokohkan jejaring dan kerjasama antar pengurus Forum Anak Provinsi dan Forum Anak Kabupaten/Kota se Jawa Barat seperti disampaikan oleh Rifky Nauval Hendrawan sebagai Ketua Forum Anak Jawa Barat. (Uskandar)