Kabupaten Sanggau Menuju Kabupaten Layak Anak

282

kla.go.id – Kalimantan Barat, Kab Sanggau – Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak (KPPPA) dan Bupati Kabupaten Sanggau didampingi Kepala Dinas Badan PPPA Propinsi Kalimantan Barat dan Kepala Badan PP Kabupaten Sanggu, membahas tentang Advokasi Pengembangan Kab Sanggau menuju Kabupaten Layak anak (16/3).
Kegiatan yang dihadiri Kepala Bapeda Kab Sanggau dan Kepala perangkat daerah Kab Sanggau dengan perwakilan gabungan organisasi wanita dengan tim penggerak PKK Kab Sanggau dan Ketua PI cabang Sanggau,Ketua LSM Hanura dan Pewakilan Dunia Usaha yang ada di Kab Sanggau, Forum Anak Kab Sanggau serta perwakilan Kumham Anak daerah Kab Sanggau.

Sejalan dengan upaya Pemerintah Rebpublik Indonesia dalam pemenuhan hak anak dan Perlidungan Khusus Anak sebagaimana diamatkan melalui: Konvensi Internasional PBB tentang Konvensi Hak Anak (ratifikasi: Kepres 39/1990); berbagai peraturan perundang-undangan: UU 23/2002 + UU 35/2014; UU 23/2014; dll, tentang Perlindungan Anak maka menetapkan Kabupaten/Kota Layak Anak adalah salah satu bentuk komitmen dan sebagaimana dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota.
Mengingat kabupaten/Kota Layak Anak Adalah sistem pembangunan suatu daerah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dari sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara mengeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Dimana Jumlah Anak Kabupaten Sanggau adalah 164.252 Jiwa, dari Jumlah penduduk 444.596 Jiwa, maka di persentase jumlah anak sekitar 36,5% dari jumlah penduduk. Untuk itu Pemerintah Kab Sanggau telah menetapkan peraturan daerah Kabupaten Sanggau Nomor 5 Tahun 2013 tentang menyelenggaraan Perlindungan Anak. Salah satu pasal dalam peraturan daerah tersebut mengatur tentang Kabupaten Layak Anak dimana Pemerintah Kabupaten Sanggau sejak tahun 2012 telah berkomitmen menuju Kabupaten layak anak .
Pada Tahun 2017 ini pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan pada tahap pelaksanaan dan pada tahun 2017 ini juga akan dilakukan evaluasi mengembangan Kabupaten Layak Anak oleh Tim independen KPPPA yang siap mengevaluasi.
Untuk itu dimana Anak adalah generasi penerus dan tongkat estafet cita-cita kemerdekaan dan uji kemajuan bangsa di masa mendatang. Maka Kabupaten Sanggau berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Sanggau menuju Kabupaten Layak Anak. Di akhir kegiatan Deputi Bidang TKA menegaskan “semua anak anak kita”.