Kadis PPPA Maros Kukuhkan P2TP2A Desa Se Kecamatan Tompobulu dan PATBM Desa Pucak

84

Maros (kla.id)

Masih adanya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kecamatan Tompobulu menjadi salah satu alasan untuk membentuk kelompok pengaduan di desa dengan membentuk Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Desa serta pelaksanaan program Perlindungan Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Desa Pucak sebagai desa piloting yang juga merupakan ibukota Kecamatan Tompobulu.

Setelah terbentuk P2TP2A Desa dan PATBM Desa Pucak, Pemerintah Kecamatan Tompobulu membentuk Panitia pengukuhan pengurus P2TP2A Desa Se Kecamatan Tompobulu serta Kader dan Fasilitator PATBM Desa Pucak yang dilaksanakan pada hari Kamis (21/3/2019) di Aula Kantor Camat Tompobulu.

Ketua Panitia Pengukuhan Anto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong berjalannya fungsi P2TP2A Desa Se Kecamatan Tompobulu dan kegiatan PATBM di Desa Pucak. “Menyongsong Hari Esok Dengan Semangat Perubahan Menuju Kecamatan Tompobulu Ramah Anak” tema kegiatan ini, kata Anto.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan yang di wakili oleh Andi Nurseha yang mengapresiasi pembentukan kelompok P2TP2A Desa serta PATBM Desa Pucak. “Saat ini sementara berjalan evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak dan salah satu indikator penting di dalamnya adalah Desa/Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak yang akan mendukung terwujudnya Kabupaten Layak Anak”, ujar Nurseha.

“Ada dua Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang mendapat program PATBM dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan ada 2 Kabupaten yang merupakan program Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan, sedangkan Kabupaten Maros melakukan inisiasi sendiri yang diharapkan bisa direplikasi oleh desa lainnya di Kabupaten Maros”, tutup Nurseha menutup sambutannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Idrus yang hadir untuk melakukan pengukuhan dalam sambutannya mengatakan bahwa telah dibentuk kelompok pengaduan di 5 Kecamatan dan Tahun 2019 ini akan dibentuk lagi di 2 kecamatan, dan yang sudah mulai berfungsi baru kelompok pengaduan di Kecamatan Tompobulu. Demikian pula dengan PATBM, baru di Desa Pucak yang terbentuk dan semoga bisa direplikasi di desa lainnya, utamanya di Kecamatan Tompobulu, ujarnya.

Sementara Camat Tompobulu Nurman Salam yang membuka kegiatan ini secara resmi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Tompobulu siap mendukung program Kecamatan Layak Anak dan mengharapkan 8 Desa yang ada di Kecamatan Tompobulu bisa menjadi Desa Layak Anak.