Kaltara, Provinsi dengan Kehidupan Keagamaan Paling Rukun di Indonesia

14

Tanjung Selor (kla.id) – Kalimantan Utara (Kaltara) dinobatkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, sebagai provinsi dengan kehidupan keagamaan paling rukun di Indonesia. Bersama Kaltara, 2 provinsi lainnya juga mendapat apresiasi serupa, yakni Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Sebagai ganjaran atas status itu, Kaltara pun menerima Harmony Award yang diserahkan oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pada upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-73 di Jakarta, Kamis (3/1). Mewakili Gubernur Kaltara Dr H sIrianto Lambrie, Harmony Award untuk Kaltara diterima oleh Asisten I Provinsi Kaltara H Sanusi.

Harmony Award sendiri, terbagi dalam dua kategori. Yaitu, Kehidupan Keagamaan Paling Rukun dan FKUB Berkinerja Terbaik. Kategori pertama diberikan kepada tiga gubernur dan tiga bupati/walikota. Kategori kedua untuk tiga FKUB Provinsi dan tiga FKUB kabupaten/kota. “Alhamdulillah, pada kategori kehidupan keagamaan paling rukun, Kaltara berada di urutan pertama disusul Sulbar dan Kaltim. Ini menunjukkan, walaupun Kaltara masih berusia balita, namun masyarakat di provinsi bungsu ini dapat memperlihatkan bahwa kerukunan dan toleransi beragama merupakan sesuatu yang sangat dihormati dan dihargai,” kata Gubernur di ruang kerjanya, Jumat (4/1).

Harmony Award juga diberikan dalam rangka mengapresiasi sumbangsih dan kontribusi daerah dalam pembangunan kehidupan dan kerukunan umat beragama. Irianto mengakui, bahwa perihal kehidupan dan kerukunan umat beragama merupakan bagian dari birokrasi yang tak bisa diabaikan keberadaannya. Kehidupan dan kerukunan umat beragama menjadi sebuah kebijakan dalam upaya Pemprov Kaltara membina masyarakat Kaltara. Dan, raihan Harmony Award 2018 ini, patut dibanggakan oleh seluruh masyarakat Kaltara, jelas Irianto.

Atas raihan tersebut, Gubernur pun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dan kabupaten/kota se-Kaltara serta kepada semua instansi terkait, atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini. Tak terkecuali juga terima kasih kepada seluruh masyarakat Kaltara yang senantiasa menjaga kerukunan antar sesama. “Semoga kerja sama dan kebersamaan itu dapat semakin ditingkatkan di masa-masa mendatang,” ungkap Gubernur.

Sebagai informasi, selain Provinsi Kaltara, Kabupaten Bulungan pun menerima Harmonya Award 2018 untuk kategori Kehidupan Keagamaan Paling Rukun untuk daerah tingkat II bersama Kota Ambon dan Kota Yogyakarta. Sementara FKUB Provinsi Aceh, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Kalimantan Barat, ketiganya dinilai sebagai FKUB berkinerja terbaik tingkat provinsi. Untuk tingkat kabupaten/kota, penghargaan kinerja terbaik diberikan untuk FKUB Kota Bekasi, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Tasikmalaya.

(humas)