Keasdepan KLA: One Kit For All, Kesatuan dan Integrasi Dalam Advokasi

272

Hotel Akmani-Jakarta(Kla.or.id) Perlu disusun pedoman umum dalam advokasi agar ada satu sinergisitas advokasi untuk pemaparan materi dalam pemenuhan hak-hak anak. Hal ini disampaikan Dr. Wahyu Hartomo, Msc Deputi bidang tumbuh kembang anak dihadapan lima belas pejabat eselon dua dan tiga di lingungan kedeputian tumbuh kembang anak dan kedeputian bidang perlindungan anak, pada saat pembukaan kegiatan pembahasan penyusuan materi advokasi (One kit for all) (19/4).
Dalam rangka mengadvokasi pemerintah daerah dalam menciptakan pemenuhan hak -hak anak perlu disusun suatu panduan umum yang akan dipakai secara generik terkait informasi masing-masing sisten deputi di keua kedeputian yang bernaung di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini. Seyogyanya, setelah pembahasan materi One kit for all ini, hasil dari pembahasan menjadi bahan advokasi dan sosialisasi kepada propinsi, kabupaten dan kota dalam mengembangkan atau mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak.
Kegiatan diisi dengan pemaparan dari masing-masing sepuluh keasdepan di dua kedeputian KPP-PA yang dipaparakan secara singkat padat dan jelas, kesepuluh keasdepan tersebut di Kedeputian Perlindungan Anak adalah Keasdepan Masalah Sosial Anak (MSA), Keasdepan Pemenuhan Hak Sipil dan Kebebasan, Keasdepan Anak Berkebutuhan Khusus(ABK), Keasdepan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan Keasdepan Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak (PKTA). Sedangkan di Kedeputian Tumbuh Kembang Anak, keasdepan yang membahas adalah Keasdepan Pemenuhan Hak Pendidikan (PHP), Keasdepan Pemenuhan Hak Kesehatan, Keasdepan Lingkungan dan Penanaman Nilai-Nilai Luhur, Keadepan Partisipasi Anak dan Keasdepan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).
Pada akhir pembahasan di sepakati bahwa hasil paparan tersebut akan dibukukan sehingga siapa pun dapat menggunakan sebagai materi advokasi kedaerah.”Semoga dengan adanya materi advokasi ini akan lebih mempercepat terwujudnya pemenuhan hak-hak anak lewat terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak” Ujar Drs. MA. Budy Prabowo,Msi Asdep Pengembangan Kab/Kota Layak Anak (Krisdi).