Kegiatan Penguatan Gugus Tugas Kabupaten Kota Layak (KLA) di Provinsi Kalimantan Tengah

456

Palangkaraya (kla.id) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kegiatan Fasilitasi Penguatan Gugus Tugas KLA tingkat provinsi, kab/kota diperlukan kerjasama lintas sektor atau pemangku kepentingan di setiap tingkatan pemerintah provinsi dan kab/kota yang memiliki komitmen terhadap investasi sumber daya manusia yang dimulai sejak usia dini. “Pengembangan kebijakan kabupaten/ Kota Layak Anak” sebagai salah satu prioritas program bidang perlindungan anak sebagaimana yang tertuang dalam instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional yang disampaikan dalam sambutan dr.ADM TANGKUDUNG, M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dihadapan para peserta Kegiatan Fasilitasi Penguatan Gugus Tugas KLA selama 2 (dua) hari di Hotel Aquarius tanggal (30-31/10)-.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kebijakan tumbuh kembang dan Perlindungan Anak melalui perumusan strategi dan perencanaan pembangunan kabupaten/kota secara menyeluruh dan berkelanjutan sesuai dengan indikator KLA.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh kepala Seksi Perlindungan Anak sekaligus yang membuka acara Kepala Bidang Informasi Dan Data di lanjuti dengan materi paparan dengan narasumber Kementerian PP PA RI berjumlah 1 orang, Narasumber Provinsi 2 orang  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalsian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dan Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah materi yang disampaikan adalah : 1. Penyelenggaraan Kota Layak Anak (KLA) Provinsi Kalimantan Tengah, 2. Rencana Kerja Percepatan Kota Layak Anak (KLA) Provinsi Kalimantan Tengah, 3. Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini di dukung oleh Deputi Tumbuh Kembang Anak (TKA) Kementerian PP Pa RI Dra. Eko Novi Ariyanti, R.D.,M.Si dan Narasumber Provinsi antara lain dr. ADM TANGKUDUNG, M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah. Bapak Tukas S Umar Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta kegiatan ini berjumlah 55 orang yang terdiri Dinas P3APPKB dan Instansi Vertikal terkait Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan Penguatan Gugus Tugas KLA ini dibebankan pada Dipa Dekonsentrasi APBN Tahun 2018.

Melalui kegiatan ini memberi dampak positif keseluruh peserta yang hadir, dan  Dinas P3APPKB Kab/kota diharapkan dapat membangun komitmen Gugus Tugas KLA untuk mempercepat Kabupaten/ Kota Layak Anak agar terpenuhinya hak dan perlindungan anak (Revika, A.Md).