Keluarga Merupakan Kunci Utama Mewujudkan KLA

187

Bekasi, KLA. Org – Keluarga merupakan kunci utama dalam mewujudkan Kabupaten / Kota Layak Anak. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Effi Mardiyanto, pada Seminar dan Workshop Kabupaten / Kota Layak di Hotel Horison, Bekasi (15/8).
Bagaimana menjadikan keluarga kuat? PKK banyak berperan penting dalam mendampingi dan membimbing keluarga melalui 10 Program PKK. Untuk mencapai program tersebut, PKK berperan dalam advokasi. Advokasi yang dimaksud berpartisipasi aktif dalam perencanaan pembangunan, perlindungan hukum anak, penyediaan sarana pendidikan, dan penyediaan sarana umum.
ImageSedangkan upaya lain yang dilakukan PKK adalah melalui fasilitasi, yaitu: perlu inisiasi dan sosialisasi pemenuhan kebutuhan dasar anak; pencatatan dan kebutuhan anak pada masing-masing dasmawisma; inventarisasi permasalahan anak dan remaja di perkotaan; dan penyuluhan hidup dan perencanaan keluarga sehat. Khusus untuk fasilitasi terakhir, PKK secara sukarela membantu anak yang bergizi buruk melalui program gizi buruk.

Mediasi
PKK sebagai mitra penting berperan dalam mediasi dengan pemerintah dan masyarakat melalui memfasilitasi perencanaan dari bawah ke atasal melalukanan sosialisasi, dan sinergitas program pemerintag dan swadaya masyarakat. Sedangan dengan masyarakat dan swasta, PKK mendampingi masyarakat, kemitraan dengan swasa melalui program ’tanggung jawab sosial perusahaan’ atau CSR. Untuk perusahaan yang tidak peduli laporkan kepada Pemerintah, jika tidak membantu masyarakat.
Melalui peran PKK ini, PKK akan ambil peran dalam advokasi, fasilitasi dan meditasi, tegas Effi Mardiyanto.