Kembangkan Pariwisata, Dispar Perkenalkan SIMPAR

8
Tanjung Selor (kla.id) – Guna menunjang pengembangan dan pembangunan potensi kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Pariwisata (Dispar) mengembangkan sebuah sistem pendataan potensi pariwisata berbasis teknologi informasi. Adalah, Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPAR). Sistem ini berupa aplikasi berbasis Android.

Kepala Dispar Kaltara H Ahmad Haerani menuturkan, ini merupakan sebuah inovasi di bidang kepariwisataan yang sejalan dengan upaya Pemprov Kaltara untuk beradaptasi dengan perubahan dunia saat ini. “Diharapkan dengan adanya SIMPAR ini maka masyarakat, khususnya wisatawan baik domestik maupun manca negara akan memperoleh informasi dengan mudah terkait destinasi wisata di Kaltara,” kata Haerani di ruang kerjanya, Selasa (4/12).

Didalam SIMPAR, terdapat beberapa menu yang dapat diakses para penggunanya. Di antaranya, ada fitur objek wisata, wisata kuliner, wisata belanja, akomodasi, transportasi, dan calender of events. “Insya Allah, aplikasi ini akan kami launching pertengahan Desember ini. Kami juga sudah mengumpulkan para pelaku usaha di bidang pariwisata guna mensosialisasikan aplikasi ini, sekaligus menginput data yang dibutuhkan untuk optimalisasi penggunaannya nanti,” jelas Haerani.

Lewat SIMPAR, diharapkan pula akan tersedia informasi yang up to date mengenai perkembangan dunia pariwisata di Kaltara. Dari itu, kerja sama para pelaku usaha pariwisata sangat dibutuhkan. Baik usaha perhotelan, rumah makan, travel agent dan lainnya. “Rencananya, tahun depan SIMPAR akan dikembangkan lebih jauh lagi, sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone yang berbasis iOS,” tutupnya.(humas)