Kemitraan IBI dan DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan Dalam Upaya Pelayanan KB MKJP

117

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam peningkatan pelayanan program KB kepada Masyarakat, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kabuptaen Bulungan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) menyelenggarakan pelayanan Suntik KB secara gratis dengan tema ” Kegiatan Peningkatan Pelayanan KB MKJP ( Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) melalui IBI Kabupaten Bulungan” (13/05).

Pada kegiatan ini dipusatkan di Pos Kesehatan Desa Tanjung Buka SP 5.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan, Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Bulungan, Ketua Ranting IBI Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Perwakilan Kepala Puskesmas Tanjung Palas Tengah, Tokoh Masyarakat Desa Tanjung Buka SP 5 dan Masyarakat sekitar.

Ibu dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku kepala Dinas DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan dalam paparannya menjelaskan bahwa Keluarga Berencana adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai  dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Pengaturan kehamilan adalah upaya membantu pasangan suami istri untuk melahirkan pada usia ideal, memiliki jumlah anak, dan mengatur jarak kelahiran anak yang ideal dengan menggunakan cara, alat dan obat kontrasepsi.