Kirab Merah Putih di Hari Sumpah Pemuda ke-90 Diikuti Ratusan Pelajar

224

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Bantaeng menampilkan Kirab Merah Putih.
Kirab Merah Putih oleh pelajar Bantaeng, start dan finish di Pantai Serunu Bantaeng (29/10/2018).

Bantaeng (kla.id)

Bantaeng, Senin (29/10). Sedikit berbeda dibanding daerah lainnya, upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 di Kabupaten Bantaeng dilaksanakan hari Senin, 29 Oktober 2018. Sedang beberapa daerah sudah menggelar upacara serupa hari Minggu kemarin (28/10).

Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) yakni Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin. Turut hadir saat itu Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin, unsur Forkopimda Kabupaten Bantaeng, Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti, Ketua GOW Kabupaten Bantaeng, Hj Rahma Arsyad, Ketua Bhayangkari Kabupaten Bantaeng, Peni Adip Rojikan, Chaerani Nanang Siswoko, para Asisten dan Kepala OPD serta unsur pendidik dan tenaga kependidikan se-Kabupaten Bantaeng.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini terbilang meriah. Pemkab Bantaeng menghadirkan puluhan pelajar dengan mengenakan pakaian adat nusantara bersamaan dengan dibacakannya Ikrar Pemuda oleh Ketua DPD II KNPI Kabupaten Bantaeng, Agustiawan AY.

Disamping itu juga menampilkan Kirab Merah Putih. Bersama pelajar lainnya mulai tingkat SD hingga SMA, usai upacara mereka yang mengenakan pakaian adat dan Kirab Merah Putih berkeliling melewati jalan-jalan protokol.

Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng bahkan aktif mengikuti pawai dimaksud. Start dan finish di Pantai Seruni, pawai tambah semarak dengan bebunyian alat musik dari Marching Band Loka Nada.

“Saya sempat mengikuti pawai di beberapa jalan protokol yang dilewati. Apalagi seorang diantaranya adalah anak Saya yang sekolah di SDN No 5 Lembang Cina”, ungkapnya.

Sementara upacara yang dilangsungkan di Alun-alun/Lapangan Pantai Seruni Bantaeng itu ditandai pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bantaeng. Dan diakhir acara Pemkab menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh pemuda inspiratif.

Masing-masing kepada Mutahhir Nuh sebagai pemuda inspiratif wirausaha muda, Iksan Jabir sebagai pemuda inspiratif penggerak tani alami, A Shernylia Maladevi sebagai tokoh pemudi inspiratif dan peduli sosial. Berikutnya Takdir dan Jamaluddin sebagai tokoh pemuda inspiratif penggerak literasi, DPK KNPI Kecamatan Bissappu dan Kecamatan Ulu Ere sebagai DPK Terbaik DPD II KNPI dan Sentosa Jaya Motor atas bantuan dan kerja samanya berkolaborasi terhadap pengembangan kepemudaan dan keolahragaan di Kabuoaten Bantaeng. (AMBAE)