Klasik Mesra Hadir Untuk Generasi Jaman Now Di Kabupaten Pangkep

383

(Pangkep kla.id)  

Klasik Mesra (Kelas Literasi Interaktif Mendukung Sekolah Ramah) adalah sebuah program kegiatan berlabel kreatifitas dan kompetensi Literasi yang interaktif. Sebuah pelayanan pendidikan yang sifatnya lebih kepada penguatan karakter dan pengembangan SDM anak untuk menumbuhkan budi pekerti anak melalui pembudayaan ekosistem literasi yang dikemas menarik, nyaman dan tentunya ramah anak. Hal ini sejalan dengan Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Menurut Kabid PMM Bappeda Kab.pangkep, Hj.Yana Yusriana Yusuf  yang juga penggagas Klasik Mesra di Kabupaten Pangkep,mengatakan Klasik Mesra  lahir dari adanya rasa resah dan prihatin serta adanya kepedulian dan kasih sayang terhadap anak jaman now. “hampir sebagian generasi kita telah terkontaminasi dengan kemajuan teknologi yakni ponsel cerdas/ gadget, dimana penggunaan gadget ini telah menghipnotis fikiran dan perasaan anak-anak jaman now pada hal-hal yang negatif “ ujarnya.

Klasik Mesra yang digagas oleh Kabid PMM Bappeda juga  melibatkan Dinas PPPA, Komunitas Literasi Titik Mula kab.Pangkep, Forum Anak  Saudara    Pangkep, Fasilitator SRA,  dan tenaga pustakawan sekolah. Kegiatan ini  dilaksanakan diluar jam sekolah yakni sekali seminggu di waktu sore hari dan tempatnya pleksibel bisa diruang terbuka ataupun diruangan tertutup yang penting suasananya aman nyaman dan menyenangkan  bagi anak-anak karena  dibalut dengan berbagai macam kegiatan seperti Games, permainan kolaborasi, pemutaran film Inspirasi, menulis dan membaca puisi.

Kabid PMM Hj.Yana sapaan akrabnya lebih lanjut mengatakan bahwa,  kegiatan  Klasik Mesra sasarannya adalah anak-anak usia sekolah yang ada di Kabupaten Pangkep. Tujuannya untuk menumbuhkan kembali minat baca dan mengembangkan kompetensi literasinya dengan mengajak mereka memanfaatkan sebagian waktunyauntuk bersilaturrahmi dan berinteraksi sosial dengan lingkungannya berkumpul bersama teman untuk bermain sambil belajar, dan kegiatan tersebut sangat diminati oleh anak-anak khususnya anak usia sekolah dasar.