KOMITMEN MAMBERAMO RAYA DALAM PENGEMBANGAN KLA

550

Mamberamo Raya (15/8), kunjungan Sekretaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Sri Prihantini L. Wijayanti dalam rangka penandatanganan komitmen Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Mamberamo Raya menjadi titik cerah bagi anak – anak di wilayah ini. Menurut Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, Kabupaten Mamberamo Raya yang memiliki luas wilayah 23.813,91 km dengan 9 distrik memang masihlah berada dalam tatanan kehidupan yang serba terbatas dan kekurangan, oleh karena itu pentingnya menyiapkan sebuah sistem dan strategi yang berbasiskan dengan kebijakan pengembangan kabupaten layak anak dengan mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan.

Dorinus juga menambahkan bahwa 2 kampung di Mamberamo akan dijadikan sebagai kampung percontohan, yakni Kampung Bormeso dan Kasonaweja. Pada kegiatan pencanangan KLA yang dilaksanakan di Gedung Aula Bappeda, turut pula dilaksanakan pelantikan Gugus Tugas KLA yang terdiri dari anggota OPD, kodim, dan forum anak guna mensukseskan pengembangan Kabupaten Mamberamo yang Layak Anak dengan mengedepankan pemenuhan hak anak sesuai dengan kelima klaster yang termaktub dalam KLA.

Sebagai masukan, Sri Prihantini menyatakan “bahwa yang harus dibangun ialah mindset kita, membangun fisik serta membangun mental. Anak – anak bumi papua, anak – anak Mamberamo raya harus dipersiapkan sebagai penerus dari generasi yang lama”. Disela paparan, Sri Prihantini bertanya kepada anak – anak mengenai apakah yang harus dibangun di Mamberamo, anak – anak menyampaikan pendapat serta harapannya kepada Bupati yang meliputi perbaikan fasilitas pendidikan seperti pengajar, internet, gedung sekolah, kemudian tak luput pula anak – anak menginginkan agar segera dibangunnya jembatan untuk menyeberangi sungai mamberamo sebagai akses transportasi, mengingat bahwa akses satu – satunya untuk mereka bersekolah ialah hanya dengan menyeberangi sungai mamberamo yang arusnya deras dan cukup membahayakan bagi anak – anak.

Sebagai penutup kegiatan ini, Bupati Mamberamo beserta OPD dan anak – anak ikut menandatangai papan deklarasi komitmen pencanangan Kabupaten Mamberamo menuju Kabupaten yang Layak Anak.

Tim Media

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak