Kunjungan Forum Anak Daerah di Dinas Kesehatan

121

Tanjung Selor (kla.id) – Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Bulungan menerima kunjungan Forum Anak Daerah (FAD) yang didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Bulungan . Kunjungan ini digelar di hari Jumat (06/07) yang dipusatkan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan, Jumat (06/07).

Dalam kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Dinkes dr.H. I Dewan Budi Santoso,M.Si, beserta Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) drg. Ida Bagus Sidharaharja MPH, Kabid Pengendalian Masalah Masyarakat (PMK) drg. Imam Sujono, MAP beserta staf. Selanjutnya dari dinas  DPPPAPPKB dihadiri oleh kepala dinas dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes, Kabid Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Tumbuh Kembang Anak Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd, Plt Keluarga Berencana (KB) Hj, Nurhayati, SIP dan beserta staf.

Digelarnya kegiatan kunjungan ini untuk memperkenalkan FAD kepada Dinas Kesehatan sehingga mereka dilibatkan dalam pemenuhan hak anak di bidang kesehatan. Hal ini menjadi salah satu bagian dari aplikasi hak sipil dan kebebasaan anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak. Selain Itu, untuk mewujudkan Kabupaten Bulungan menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) salah satu indikatornya adalah ketersedian ruang partisipasi anak dalam pembangunan.

Dalam sambutan dan arahanya, Kepala Dinas Kesehatan dr.H. I Dewan Budi Santoso, M.Si menyambut baik dan siap adanya kerjasama baik dengan FAD dan DPPPAPPKB Kabupaten Bulungan dalam pemenuhan hak anak di bidang kesehatan.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga membahas bagaimana mengembangkan Puskesmas menjadi Puskesmas ramah anak, dengan konsep layanan yang responsive terhadap anak sehingga anak-anak yang datang berobat ke Puskesmas tidak merasa takut dan merasa nyaman.

Selanjutnya acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi ini, peserta sangat antusias dan aktif dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapat tentang program kerja dari dinas kesehatan terkait pemenuhan hak anak di bidang kesehatan.