Lepas Anak Didik TK, Plt Bupati Bantaeng Salut Pengorbanan Guru

57
1198 Anak didik TK dilepas Plt Bupati Bantaeng untuk tahun pelajaran 2017-2018.
Plt Bupati Bantaeng didampingi Ketua PKK Bantaeng serahkan ijazah pada anak TK (15/05/18).

Bantaeng (kla. id)

Selasa (15/05/2018). Tak kurang dari 1198 anak didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) terdiri dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) dilepas secara resmi oleh Plt Bupati Bantaeng, H Muhammad Yasin. Pelepasan atau Penamatan ini dilangsungkan di Tribun Pantai Seruni Bantaeng, Selasa (15/05/2018). Turut hadir saat itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng Hj Aisyah Yasin, Ketua IGTKI Kabupaten Bantaeng Mardiah, para pengawas, penilik, guru dan tenaga pendidik se-Kabupaten Bantaeng.

Dalam sambutannya, Yasin menggambarkan betapa besar pengorbanan seorang guru. Menurutnya guru adalah orang tua kedua bagi anak di sekolah. Mengajari anak banyak hal mulai dari ilmu agama hingga sosial dan ilmu pengetahuan umum lainnya. “Saya salut dengan pengorbanan guru dalam melahirkan generasi penerus bangsa ini.” ucapnya.

Lebih jauh dirinya berharap agar anak didik dapat menggapai masa depan yang diimpikannya. Orang tua dan guru harus bersinergi mengawal pendidikan baik di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar agar anak didik benar-benar punya bekal yang Akhlakul Kharimah. “Mudah-mudahan anak-anak bangsa kita ini menemukan harapannya.” harapnya.

Tema yang diusung kali ini yakni “Mengembangkan Kreatifitas, Karakter Positif dan Percaya Diri Anak Sejak Usia Dini”. Jika tahun-tahun sebelumnya pelepasan dilaksanakan di dalam gedung atau indoor. Beda halnya tahun ini, dimana lokasinya berupa area terbuka. Berada di Kawasan Revitalisasi Pantai Seruni Bantaeng. Di sisi Selatan anak-anak dapat bermain di sekitar Alun-alun. Sementara di sisi Utara dan Barat, baik orang tua maupun anak didik dapat menikmati sajian kuliner. Demikian halnya di sisi Timur, saat pelepasan berlangsung dijajakan perlengkapan bermain bagi anak seperti krayon oleh pedagang.

Hal ini memberi ruang bagi anak-anak di saat jenuh selama acara berlangsung dengan bermain ataupun merumput di Alun-alun. “Hari ini betul-betul suasana dan nuansa baru. Saya Kira di tempat terbuka seperti ini anak-anak kalau jenuh bisa keluar mencari tempat untuk bermain.” jelas Mardiah.

Pelepasan ditandai penyerahan ijazah bagi anak didik secara simbolis mewakili 60 PAUD yang tersebar di 8 kecamatan. Dengan kapasitas Tenaga Pendidik sebanyak 103 PNS dan 127 Non PNS. Tampak Yasin dan Aisyah Yasin menyerahkan ijazah. Selain itu juga diisi beberapa penampilan anak didik. Diantaranya puisi, tarian, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyi. (AMBAE)