Melali Sambil Melajah Bersama Anak Pengungsi Gunung Agung

347

Melali Sambil Melajah Bersama Anak Pengungsi Gunung Agung
Taman Nusa dan Waterboom Bukit Jati (Kabupaten Gianyar.id) – Program kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) Peduli bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali. Pernyataan ini disampaikan oleh Drs. Anak Agung Gde Oka Digjaya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, dihadapan Anak Pengungsi Gunung Agung yang berada di Lapangan Sutasoma, 8/10.

“Semua anak-anak pengungsi merasakan manfaat dari acara ini ujar Kepala BPBD Kabupaten Gianyar” juga sebagai koordinator pengungsian di Lapangan Sutasoma Gianyar. Adapun maksud dari acara ini yaitu untuk  meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama bagi seluruh anggota Forum Anak Daerah Provinsi Bali, menjalin hubungan yang harmonis dengan Forum Anak Daerah Kabupaten/Kota dan instansi terkait, menghilangkan rasa jenuh dan bosan bagi anak-anak di Posko Pengungsian Bencana Gunung Agung Lapangan Sutasoma, Gianyar, mengajak anak-anak pengungsi untuk lebih mengenal keberagaman budaya dan tradisi bangsa Indonesia melalui kegiatan berwisata ke Taman Nusa, melatih mental dan fisik anak-anak pengungsi melalui games seru di Waterboom Bukit Jati.

Acara di buka oleh Kepala BPBD Kabupaten Gianyar dan juga selaku koordinator posko pengungsi di Lapangan Sutasoma Gianyar lalu dilanjutkan dengan anak-anak pengungsi bersama FAD Bali menuju Taman Nusa, lalu kegiatan edukasi yang diisi oleh Forum Anak Daerah Provinsi Bali dengan kegiatan PERKASA Challenge (Perhatikan,Catat, Kerjakan dan Sampaikan) dimana anak-anak pengungsi wajib membuat catatan kecil mengenai hal apa yang mereka dapatkan dari berjalan-jalan di Taman Nusa dan bermain di Waterboom Bukit Jati. Dimana 3 (tiga)  tulisan terbaik di masing-masing kategori SD, SMP, dan SMA mendapatkan hadiah menarik berupa ATK, Snack, dan Tas Sekolah ujar perwakilan FAD Bali.

Adapun yang mendukung kegiatan ini yaitu Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar untuk akomodasi 5 bus sekolah, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar untuk tiket masuk gratis ke Taman Nusa dan Waterboom Bukit Jati, Polresta Gianyar untuk pengawalan ke lokasi acara, Dinas Sosial Kabupaten Gianyar untuk konsumsi peserta,serta beberapa relawan yang turut andil dalam mengawasi anak-anak pengungsi selama kegiatan berlangsung.

Suksesnya acara ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak (PC/pande chrisna).