Mengenal dan Menggali Karakteristik, Potensi, Bakat dan Kecerdasan Istimewa Anak

20

Tanjung Selor (kla.id) – Fenomena yang terjadi di masyarakat khususnya di Kabupaten Bulungan, banyak orang tua yang menginginkan anaknya memasuki sekolah formal di usia dini. Padahal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya di masa yang akan datang. Dimana ketika anak bersekolah terlalu dini, akan menimbulkan beberapa dampak negatif diantaranya mudah frustasi, kesulitan untuk fokus, kurang perhatian, sulit mengendalikan emosi serta kemampuan memecahkan masalah menjadi berkurang.

Adanya peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018, yng membolehkan anak usia 5,5 tahun masuk SD dengan syarat memiliki bakat dan kecerdasan istimewa yang telah dibuktikan.

Sehubungan dengan kondisi diatas, IGTKI Kabupaten Bulungan bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kabupaten Bulungan mengadakan workshop dengan tema “Mengenal dan Menggali Karakteristik, Potensi, Bakat dan Kecerdasan Istimewa Anak” dengan Narasumber Ibu Aning Rahmawati, ST (Praktisi Parenting Karakter Indonesia).

Melalui workshop ini, diharapkan mengetahui karakteristik dan menggali potensi semaksimal mungkin bakat dan kecerdasan istimewa yang dimiliki oleh anak. Adapun target peserta workshop berjumlah 150 orang. Namun karena antusiasme para guru TK/RA dan KB sehingga masih ada yang mendaftar di hari H dengan total peserta sebanyak 162 orang dari 45 lembaga se-Kabupaten Bulungan. Workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 November 2018 dimulai pukul 08.00-15.00 Wita bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Bulungan Jalan Jelarai Raya Tanjung Selor.

(Zul)