Menteri Kesehatan Republik Indonesia Puji Posyandu Mekar Sari Pontianak

495
Menkes RI, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K) hadir Pada Penilaian Pelaksana Terbaik Posyandu Tingkat Nasional di Posyandu Mekar Sari Pontianak

Kota Pontianak (kla.id) – Prestasi membanggakan kembali  diraih oleh Kota Pontianak setelah Posyandu Mekar Sari masuk nominasi 6 (enam) besar.  Pelaksana terbaik posyandu tingkat nasional sehingga Kota Pontianak mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada salah satu kategori lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat nasional. Penilaian dari Tim Pusat yang dilaksanakan di Posyandu Mekar Sari, dinilai positif oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang kebetulan berkesempatan hadir sebelum bertolak menuju Entikong,  “saya kira bagus sekali dibikin lomba, jadi artinya pemberdayaan masyarakat nya jalan dan tadi saya dengar bahwa mereka juga mendapatkan Corporate Social Responsibility (CSR) itu merupakan bentuk kerjasama yang baik ,” Hal tersebut disampaikan Menkes RI, “Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K)” kepada media ketika diwawancarai. Bertempat di Posyandu Mekar sari, Jalan Perdana Komplek Bali Agung 2 kelurahan Parit Tokaya Kota Pontianak. (17/4)

Kader Posyandu Dara Wati menjelaskan kepada Menkes Keunggulan Posyandu Mekar Sari

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K) beserta rombongan juga dihadiri oleh tim penilai dari TP PKK Pusat, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, “Hj. Tita Kadarsari” dan Pjs. Walikota Pontianak,” Dra. Mahmudah, MM”.

Senada apa yang disampaikan oleh Menkes, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Hj. Tita Kadarsari mengungkapkan bahwa Lomba Posyandu Terbaik tingkat Nasional ini tepat sekali dilaksanakan untuk memotivasi para kader posyandu bersama-sama masyarakat berinovasi, membuat terobosan dalam memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.  Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang bersumber dari masyarakat, yang dikelola dari, oleh untuk dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, “ Kata Tita Kadarsari dalam sambutannya dihadapan undangan dan peserta yang hadir pada acara tersebut.

Menkes berfoto bersama Pj. ketua TP PKK Prov Kalbar, Pjs Walikota Pontianak, Pengurus PKK Kota Pontianak dan Kader Posyandu Mekar Sari

Selain itu, Tita Kadarsari mengatakan bahwa Posyandu Mekarsari Kota Pontianak mempunyai banyak sekali terobosan sehingga memberikan nilai tambah seperti TPA, tabungan Balita, Koperasi Simpan Pinjam, Produksi Jamu, Fardhu Kifayah dan sebagainya sehingga berdasarkan hal tersebut sesuai hasil penilaian dokumen maka posyandu Mekar Sari ditetapkan masuk nominasi 6 (enam) besar yang dapat mewakili kategori lomba pelaksana terbaik Posyandu tingkat Nasional, Posyandu Mekar Sari telah berhasil merangkul pihak swasta dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan Posyandu sebagai pelayanan dasar kesehatan masyarakat, saya berharap agar kesuksesan yang telah dicapai terus dipertahankan bahkan ditingkatkan dalam memelihara dan meningkatkan derajat taraf hidup masyarakat,” Ujar Tita.

Proses Penilaian dari Tim Pusat

Terpisah, Pjs Walikota Pontianak, Mahmudah mengungkapkan Posyandu Mekar Sari dinilai menarik dikarenakan berada di komplek perumahan daerah perkotaan yang masyarakatnya begitu peduli dengan Posyandu  kemudian masyarakat nya ikut berpartisipasi dalam rangka menggiatkan posyandu, “biasanya komplek yang masyarakatnya ekonomi menengah keatas tidak begitu peduli tapi ternyata masyarakat disini begitu peduli dan turut berpartisipasi, kader-kadernya pun ibu rumah tangga jadi bukan wanita bekerja, sehingga kita sangat berterima kasih kepada para kader yang sudah bekerja dengan baik di posyandu ini dalam melayani masyarakat, ujar Mahmudah.

Penilai melihat Tabel Aktivitas Posyandu Mekar Sari

Pjs. Walikota Pontianak berharap dengan Posyandu Mekar Sari mewakili Provinsi Kalimantan Barat maju di tingkat Nasional akan berhasil meraih kemenangan, “Seperti yang disampaikan oleh tim penilai bahwa hari ini kita dinilai, sebenarnya sudah dapat peringkat dari seluruh Indonesia untuk tingkat kota karena ada 6 (enam) daerah yang sudah masuk enam besar, kita termasuk didalamnya sehingga dari enam ini tentunya ada peringkatnya nanti ada juara satu atau harapan tiga, kita berharap mendapat peringkat yang terbaik karena melihat kesiapan dari posyandu kita yang mempunyai daya tarik tersendiri,” kata Pjs Walikota Mahmudah. (My)