Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PKSAI di Kab. Gowa

36

Gowa (kla.id)

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) yang hanya ada 5 di Indonesia, dimana salah satu diantaranya di Kab. Gowa, diikuti oleh kurang lebih 40 peserta di Aula Kantor Bapeda Kab. Gowa, pada tanggal 11 September 2019.
Pertemuan Monev PKSAI ini dihadiri oleh Dirjen Bangda Kementrian Sosial, Kepala Dinas Sosial Kab. Gowa, Kepala Dinas pppa Kab. Gowa, Bapeda Provinsi, Dinas PPPA Provinsi, Dinas Sosial Provinsi dan OPD terkait di Kab. Gowa yang dibuka oleh Kepala Bapeda Kab. Gowa yang dalam sambutannya beliau menekankan kepada semua yang hadir bahwa semua program harus perspektif Gender dan memperhatikan pemenuhan hak dan perlindungan anak. Anak adalah generasi penerus bangsa yang sejak dini harus mendapatkan perhatian dari semua pihak sehingga kami sangat menekankan semua lembaga pemerintah ketika mengusulkan kegiatan berorientasi pada kesetaraan gender dan pemenuhan serta perlindungan anak. Ujarnya.

Beliau melanjutkan bahwa PKSAI ini juga salah satu layanan integrasi yang melibatkan semua Pihak baik perintah maupun non pemerintah untuk bersama-sama memberikan layanan yang terbaik bagi anak-anak kita khususnya anak-anak yang rentan.
Lebih lanjut Ka. Dinas Sosial , H. Syarifuddin, S. Sos. M. Si, memaparkan apa yang telah dilakukan oleh PKSAI selama 2 tahun terakhir kepada tim evaluasi dr Kementrian Sosial dan peserta yang hadir.
Layanan PKSAI ini merupakan layanan yang terintegrasi dengan melibatkan Lembaga Pemerintah dan Non Pemerintah dalam untuk melakukan layanan bagi anak-anak rentan (beresiko) di suatu wilayah dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan anak dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak di suatu wilayah. Yang diharapkan dengan adanya PKSAI ini akan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat khususnya anak-anak yang rentan yang dampaknya adalah menurunnya prosentase anak rentan di suatu wilayah dan prosentase pemenuhan hak dan perlindungan anak meningkat.
Kami berharap dengan adanya evaluasi ini akan menjadi pembelajaran buat kami di Kab. Gowa untuk menjadikan PKSAI ini lebih baik lagi kedepan dengan dukungan seluruh stakeholder di Kab. Gowa dan akan mendukung Kabupaten Layak Anak. Kami juga berpesan kepada bapak/ibu tim monev untuk bisa difikirkan reward bagi PKSAI yang berprestasi, hal ini merupakan salah satu motivator bagi daerah untuk lebih berbenah menjadi lebih baik ujar Ka. Bapeda Kab. Gowa menutup pertemuan yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan oleh Tim Monev dari Kementrian Sosial RI yang akan berlangsung sampai tanggal 12 sept 2019, dimana ada beberapa layanan yang akan dikunjungi, selain PKSAI yaitu P2TP2A, PUSPAGA, Rumah Sakit, Puskesmas, Sekolah dan beberapa layanan yang ada di Kab. Gowa yang Merupakan kolaborasi bersama dalam pelaksnaaan PKSAI