Musrenbang Anak Kab. Bulukumba Usung Tema Berbarengan dengan Kakak

413

Bulukumba (kla.id)

Musyawarah rencana pembangunan anak Kab. Bulukumba yg dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir januari 2018 mendatang akan mengusung tema “Bersama Berani Mewujudkan Sejuta Harapan Anak menuju Kabupaten Layak Anak yang disingkat Bersama Kakak. Tema tersebut mengemuka pada rapat koordinasi dalam rangka pelaksanaan Musrenbang Anak tahun anggaran 2018 yang digahas oleh Bapeda Kab. Bulukumba bekerjasama dengan Dinas PPPA Kab. Bulukumba dirungan rapat kantor Bapeda,  tanggal 28 november 2017 yang lalu.

Tema tersebut menjadi pilihan setelah melalui diskusi yang serius antara Pengurus forum anak , Jajaran Bapeda,  DPPPA,  Dinas Pendidikan dan kebudayaan,  P2TP2A dan LPA Kab. Bulukumba

Arham Nur duta anak sekaligus perwakilan forum anak kab. Bulukumba menjalaskan tema yang mereka usulkan lahir dari pemikiran bahwa anak-anak harus diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk menyampaikan ide dan kreatifitasnya,  utamanya dalam melibatkan diri dalam pembangunan .

Sementara Hj. Darmawati, plt Kadia PPPA Bulukumba mengatakan bahwa tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditempuh Pemkab. Bulukumba untuk mewujudkan Bulukumba menuju Kabupaten Layak Anak. Kami mengapresiasi upaya seluruh stakeholder dalam melaksanakan musrenbang anak .hal ini merupakan langkah yang sangat tepat dalam menyerap aspirasi anak-anak Bulukumba, utamanya dalam keikutsertaan berpartisipasi membangun masyarakat serta pemenuhan hak-hak anak ujar darmawaty.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bapeda Kab. Bulukumba,  H. Andi Agus Salim Ishak , menurutnya kegiatan musrenbang anak merupakan salah satu amanah undang-undang yang wajib dilaksanakan. Anak adalah bagian dari masyarakat yang harus didengar usulannya dalam prosea perencanaan pembangunan .Jadi tujuam yamg akan di capai dalam musrenbang anak nantinya adalah tersusunnya usulan pembangunan yang berpihak kepada anak,  partisipatif,  transparan dan akuntabel ujar Agus Salim. Salim menyebutkan bahwa Musrenbang anak merupakan wujud keterpaduan dan sinergitas perencanaan antara pemenuhan hak anak dan oeran pemerintah dalam meningkatkan kemandirian anak serta kesejahteraan anak dalam mewujidkan Kab. Bulukumba menuju kabupaten layak anak.

Rakor tersebut juga membahas tahapan persiapan pelaksanaan musrenbang anak, salah satunya adalah memberikan pemahaman kepada para pendamping  peserta musrenbang anak terkait tehnis pelaksanaannya.

Sementara itu Andi Elis Indayani, Kasubid kesehatan dan sosial bapeda bulukumba berharap agar musrenbang anak dapat berjalan dengan baik , sehingga para pendamping perlu diberikan pemahaman mengenai tehnis pelaksanaan musrenbang anak baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten .

Sesuai rencana Musrenbang anak akan di dahului dengan kegiatan sosialisasi dan Tot Musrenbang Anak di tingkat Kecamatan dengan menghadirkan unsur pimpinan kecamatan seperti camat,  kapolsek,  danramil,  puskesmas dan unit pelaksanakan tehnis dinas kecamatan.

Ditungkat kabupaten direncanakan akan menghadirkan 40 perwakilan anak dari tiap-tiap kecamatan , selain itu unsur OPD,  LSM pemerhati anak juga diharapkan hadir pada kegiatan musrenbang anak nantinya.