Musrenbang Anak Rilau Ale Tutup Kegiatan Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan di Bulukumba

65

Bulukumba, KLA.ID

Musrenbang Anak Kecamatan Rilau Ale merupakan kegiatan Musrenbang Anak tingkat Kecamatan yang terakhir dilaksanakan tahun 2019 ini di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan Musrenbang Anak ini dibuka oleh A. Mulyadi A. Pangki, Camat Rilau Ale dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Forum Anak Kecamatan Rilau Ale di Aula Kantor Camat Rilau Ale, Kamis, 7 Februari 2019.

Sekretaris DPPPA Bulukumba Hj. A. Pamenery saat memberi sambutan mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menyampaikan kepada Camat Rilau Ale untuk mendorong terbentuknya Desa/Kelurahan Layak Anak dalam wilayah Kecamatan yang dipimpinnya. Apalagi kata H. A. Pamenery, pekan lalu sudah dilaksanakan sosialisasi Desa/Kelurahan Layak Anak terhadap Para Kepala Desa dan Lurah di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Sementara itu H. Andi Agussalim Ishak Kabid Sosial Budaya Bappeda Bulukumba menyampaikan perkembangan Musrenbang Anak yang telah berjalan sejak tahun 2018 hingga tahun 2019 ini. Dia mengatakan bahwa perkembangannya cukup bagus. Pada awalnya pihak Bappeda agak ragu terhadap antusias masyarakat dan anak dalam merespon kegiatan Musrenbang Anak tersebut. “Ternyata responnya sangat bagus,” kata H. Andi Agussalim Ishak.

Dia berharap agar Musrenbang Anak tingkat Kabupaten nanti bisa dilihat dan disaksikan masyarakat luas. H. Andi Agussalim Ishak menyampaikan kepada para peserta Musrenbang Anak Kecamatan Rilau Ale bahwa pada tahun 2019 ini sudah akan diadakan free WiFi gratis melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba di Kecamatan Rilau Ale. Fasilitas tersebut, juga merupakan salah satu bentuk realisasi dari usulan anak melalui Musrenbang Anak tahun sebelumnya.

Perwakilan Anak yang hadir diharapkan untuk menyuarakan aspirasi yang banyak berkaitan dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “Untuk fasilitas berupa infrastruktur sudah dilakukan oleh orang-orang tua kita melalui Musrenbang reguler. Jadi ide yang perlu anak-anak kemukakan dalam bentuk perencanaan adalah, peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” papar Kabid Sosial Budaya Bappeda tersebut.

Berdasarkan informasi dari H. Andi Agussalim Ishak, kegiatan Musrenbang Anak tingkat Kecamatan yang berakhir di Kecamatan Rilau Ale pada hari Kamis, 7 Februari 2019 itu, selanjutnya akan dilanjutkan dengan Musrenbang Anak tingkat Kabupaten Bulukumba pada pekan-pekan terakhir bulan Februari 2019. “Kita menunggu selesainya Musrembang Reguler yang sementara berjalan di tingkat Kecamatan,” kata H. Andi Agussalim Ishak(Muhajir-Foto Irwan)