PATBM Cenang Sosialisasi Perlindungan Anak

206

Brebes, www.kla.or.id Relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes mengadakan sosialisasi tentang perlindungan anak dan perkenalan adanya PATBM serta Forum Anak di aula Balai Desa Cenang, kemarin. Acara yang dihadiri oleh 60 peserta, masing-masing yakni Relawan PATBM, Pengurus Forum Anak Desa Cenang dan PKK Se Kecamatan Songgom.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan, pasalnya masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang perlindungan anak yang seharusnya digaungkan bersama demi menjaga anak-anak sendiri.

” Fokus sosialisasi hari ini tentang perlindungan anak dan juga memperkenalkan di desa Cenang sudah ada PATBM,” paparnya Sahirman selaku ketua PATBM Desa Cenang saat memberikan materi

Sahirman, kata panggilannya mengungkapkan rasa peduli terhadap anak-anak, jangan sampai malah menjadi korban kekerasan seksual atau kekerasan fisik lainya.

” Sekarang di Desa Cenang ada PATBM jika ada kekerasan pada anak bisa lapor kepada kami, sehingga yang namanya kekerasan anak bisa kita cegah bersama-sama,” tambanya

Sementara itu dikesempatan yang sama, Janah (24) yang juga selaku relawan PATBM menuturkan bahwa dengan adanya keberadaan relawan PATBM kita bisa mencegah tindak kekerasan terhadap anak.

” Setelah di bentuk PATBM kini Desa Cenang juga sudah di bentuk Forum Anak sebagai wadah untuk menyuarakan hak-haknya seperti hak berpartisipasi,” tuturnya

Bahkan lanjut Janah, sebagai upaya kita melindungi anak yang merupakan generasi penerus bangsa kesadaran kita melindungi anak harus di awali dari diri sendiri.

” Dikesempatan ini kami mengajak kepada seluruh peserta yang hadir di sini agar peduli sehingga hak anak seperti hak perlindungan,hak hidup, hak tumbuh kembang dan hak berpartisipasi bisa terpenuhi,” ungkapnya..(ee1917)