Pelatihan Bagi Forum Anak Daerah Sebagai Pelopor dan Pelapor

894

Palangkaraya (kla.id) – Dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Kegiatan Pelatihan Bagi Forum Anak Daerah Sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) terkait 4 issue dasar yaitu Jauhkan Anak dari paparan dan Iklan Rokok (Isu Rokok), Menjadikan Internet Sahabat Anak (Isu Internet), Stop Pernikahan Usia Dini dan menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri (Perubahan Iklim) yang disampaikan dalam sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah yang di wakili oleh Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak dihadapan para peserta Forum Anak Daerah (FAD) di hotel aquarius tanggal (17-18/10)’.

Kegiatan ini dimaksud agar anak-anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam sebagai pelopor dan agen perubahan dalam pembangunan, sehingga forum anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain di sekitarnya dapat turut serta dalam proses perubahan. Dengan Tujuan meningkatkan peran forum anak daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan kabupaten/kota sebagai agen perubahan, mengajak orang lain berkontribusi dan melakukan advokasi untuk perubahan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, laporan ketua panitia pelaksana oleh kepala Seksi Perlindungan Anak, sekaligus membuka kegiatan Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak. Kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh nasarumber pusat 1 orang, narasumber provinsi 1 orang dan fasilitator nasional berjumlah 2 orang. Materi yang disampaikan yaitu Peningkatan Kapasitas Forum anak Daerah Kalimantan Tengah, Peran Forum Anak Daerah Sebagai Pelopor dan Pelapor.

Kegiatan ini didukung oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak PP PA RI Ibu Lies Rosdianty, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan  Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Si, Fasilitator Nasional Fadhil Muhammad Pradana dan Dhita Yoana, peserta kegiatan berjumlah 57 orang yang terdiri dari pengurus forum anak daerah provinsi dan fasilitator 18 orang, pengurus forum anak daerah 13 kab/kota 39 orang. Kegiatan Pelatihan Bagi Forum Anak Daerah Sebagai Pelopor dan Pelapor dibebankan pada dipa dekonsentrasi APBN tahun 2018.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta forum anak daerah provinsi dan kab/kota menjadi agen pelopor dan pelapor (2P) terlatih di daerah masing-masing serta dapat mempublikasikan kegiatan forum anak daerah dengan baik (Revika, A.Md)