Pelatihan Capacity Building di Kabupaten Gianyar

23

(Kabupaten Gianyar) – Anak merupakan generasi penerus bangsa. Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan berkat dan martabat kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Hal ini di tegaskan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Ir. Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu, MT saat membuka pelatihan capacity building di Ruang Pertemuan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Kantor Dinas Tenaga Kerja, Senin (27/8)

Menurut Cok Trisnu, dengan media online anak-anak akan lebih mudah untuk menginformasikan semua kejadian yang dirasakan maupun temui pada teman sebayanya, begitu respon dari pihak terkait juga akan lebih cepat dan tepat. Menjamin Hak Partisipasi anak akan berdampak positif terhadap proses tumbuh kembang anak karena anak yang aktif proses tumbuh kembangnya lebih positif daripada anak yang pasif. Anak yang aktif lebih rentan terhadap kemungkinan menjadi korban kekerasan, untuk mencegah hal-hal tersebut itu Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas P3AP2KB Kab. Gianyar  mendorong agar anak-anak menjadi warga negara yang aktif dalam pembangunan khususnya dalam perencanaan pembangunan peduli anak, melalui pelatihan capacity building diharapakan anak-anak dalam wadah forum anak baik forum anak yang ada di instansi pendidikan maupun di luar sekolah, berperan aktif sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) sehingga kerawanan anak bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Partisipasi anak sebagai 2P di Kabupaten Gianyar di fasilitasi melalui account line GianyarChildren.Net dengan id Line : @cpw8270y dan media pelaporan online melalui http://tiny.cc/gianyarchildrenactivity

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 27 Agustus s/d 29 Agustus 2018 yang diikuti oleh 100 orang siswa yang terdiri dari Pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar dan Pengurus OSIS SMA/K Negeri di Kabupaten Gianyar. Adapun narasumber dari kegiatan ini berasal dari Dinas P3A Provinsi Bali yang diwakili oleh Pengurus Forum Anak Provinsi yaitu Desak Ayu Gangga Sitha Dewi , Dinas P3AP2KB Kab. Gianyar yaitu Anak Agung Istri Sri Laksmi Paramitha Dewi, ST serta dari unsur Dandim 1616 Gianyar.

Suksesnya acara ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak (Kartikadewi)