Pelatihan Cascading Provinsi Kalimantan Utara

74

Tarakan (kla.id) – ”Maksud fasilitasi Cascading (Penurunan) dan Alignment (Penyelarasan) Sasaran Strategis (SS) serta Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Renstra Dinas PPPA Provinsi dan Kabupaten/Kota ini adalah meningkatkan kapasitas dan ketrampilan para perencana pada Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota yang membidangi PP dan PA dalam melakukan Cascading (Penurunan) dan Alignment (Penyelarasan) Sasaran Strategis (SS) serta Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Renstra Dinas PPPA Provinsi Kabupaten/Kota” Ujar Gubernur Provinsi Kalimantan Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Utara, Drs. H. Suryanata, MM pada acara pembukaan Fasilitasi Cascading di Provinsi Kalimantan Utara di Duta Hotel Tarakan (27/08/2018).

Acara pelatihan diikuti oleh 36 orang terdiri dari 5 orang dari masing-masing DPPPA kabupaten/kota serta 6 orang dari DPPPAPPKB Provinsi Kalimantan Utara, yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 27 – 31 Agustus 2018. Narasumber berasal dari Kementerian PPPA RI Ratih Rahmawati dan Tim Ahli LPPSP Semarang yaitu Ulul Albab, Lois Yulianto dan H. Gunarto, MM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1. Terjadinya sinkronisasi atau kesesuaian antara sasaran strategis, sasaran program dan sasaran kegiatan pada dokumen Rencana Strategis dengan dokumen RPJMD dan Renstra Kementerian. 2. Memfasilitasi tersusunnya diagram kerangka logis bahwa Sasaran Kegiatan yang dirumuskan menjawab atau mendukung tercapainya sasaran program, sasaran program menjawab atau mendukung tercapainya sasaran strategis 3. Memfasilitasi tersusunnya draft rumusan indikator kinerja atau penetapan kinerja sesuai dengan susunan pejabat sejak eselon IV, Eselon III dan Eselon II. 

(Neni)