Pelatihan Mini Riset Forum Anak Sintang, Melawi, Sekadau

381

Sintang (kla.id) Dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak diperlukan data yang akurat untuk menyampaikan rekomendasi Forum Anak agar didengarkan oleh pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, untuk itu Forum Anak perlu dilatih supaya anak mengetahui dan memahami ruang partisipasi dilingkungannya masing-masing, memiliki kemampuan dalam menyuarakan suara anak, mampu mengidentifikasi masalah anak dan bisa menjelaskan sesuai dengan hak anak (kluster hak anak), serta menganalisa dan memberikan solusi sesuai dengan perspektif anak.

Kegiatan pelatihan mini riset ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 19 sampai 21 Januari 2018  yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia Kantor Operasional Melawi dan Sintang, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A), Anggota Forum Anak Kabupaten Sintang, Melawi dan Sekadau. Sebagai peserta aktif dalam kegiatan pelatihan mini riset tersebut yaitu Anggota Forum Anak Kabupaten Sintang, Melawi dan Sekadau, bertempat di Hotel Rajawali Kabupaten Melawi (19/01)

Kegiatan pelatihan mini riset dibuka oleh “Margaretta Siregar” selaku Manager Wahana Visi Indonesia Kantor Operasional Melawi dan Sintang, adapun rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan antar peserta dan materi Kabupaten Layak Anak (KLA), materi metode penelitian, jenis penelitian, diskusi kelompok, mengidentifikasi permasalahan anak dan review materi, praktik mini riset dengan metode observasi, wawancara dan score card.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan mini riset bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan Forum Anak dalam melakukan riset serta meningkatkan kemandirian Forum Anak agar dapat melakukan riset.

Kegiatan ini didukung oleh Wahana Visi Indonesia Kantor Operasional Melawi dan Sintang sekaligus sebagai penyelenggara dan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A).

Dengan Kegiatan ini diharapkan Forum Anak dapat melakukan mini riset mandiri untuk memperkuat rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah. (mr)