Pelatihan pemeriksaan skrining mata pada Anak sekolah, dinas pendidikan kab. Wajo gandeng Hellen Keller Internasional

149

(wajo kla.id)

Hellen Keller Internasional adalah sebuah lembaga internasional yang bergerak di bidang kesehatan khususnya kesehatan mata. Lembaga ini masuk ke Kabupaten Wajo sebagai realisasi kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Program dan kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pelatihan kepada Puskesmas dan satuan pendidikan. Ada 5 sekolah dasar dan 37 sekolah menengah pertama yang menjadi sasaran utama pelatihannya.

Setelah tenaga kesehatan dan guru UKS dilatih mereka melakukan praktek skrining mata terhadap siswa. Kami menyambut baik kegiatan ini karena terasa manfaatnya bagi siswa. Mereka memiliki hak untuk hidup sehat terutama kesehatan mata. Mata adalah unsur vital manusia karena mata adalah jendela pengetahuan. Bagaimana anak bisa belajar gengan baik kalau penglihatannya terganggu. Program ini menjawab sebagian harapan tersebut, ungkap Dr. Aco Karumpa, M. Pd., Kabid PSMP Disdikbud Wajo.


Skrining  dilakukan terhadap 30 siswa. Nilai visus atau ketajaman penglihatannya berbeda-beda. Visus yang dianggap lulus adalah 6/6, 6/12, dan 6/18. Namun ditemukan dua siswa yang memiliki visus 6/60. Artinya, objek yang bisa dilihat oleh mata sehat dalam jarak 60 meter hanya dapat dilihat oleh siswa yang bersangkutan dalam jarak 6 meter. Bahkan lebih buruk lagi, kedua siswa ini tidak dapat melihat huruf terbesar yang ada di papan Snellen. Dari hasil pemeriksaan mata luar, diketahui pula bahwa salah seorang di antaranya memiliki pergerakan bola mata yang abnormal saat diinstruksikan untuk mengikuti pergerakan pen light.

Ada pula satu orang siswa yang menggunakan kacamata sudah lebih dari setahun. Dia mulai menggunakan kacamata sejak kelas 6 SD, dan sekarang sudah duduk di kelas VIII. Anak ini meskipun visus pada kedua matanya sama-sama 6/12 tetap harus diarahkan ke fasilitas pelayanan kesehatan mata terdekat untuk melakukan pemeriksaan ulang. Hal ini untuk mengetahui apakah ada perubahan pada ukuran kacamata yang ia kenakan.