Pelatihan penguatan pengambilan keputusan yang rasional bagi ABH

245

Maros (kla. Id)

Baru-baru ini telah dilaksanakan pelatihan oleh P2TP2A Provinsi Sulawesi Selatan bagi Anak yang berhadapan hukum (ABH)  di Lapas Kelas II A Maros,  dengan tema penguatan pebgambilan keputusan yang rasional. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh anak di Lapas kelas II Maros yang berjumlah kurang 35 orang. Yang juga di hadiri oleh petugas-petugas di Lapas Kelas II Maros yang dilaksanakan di Aula Lapas Kelas II Maros, pada tanggal 1 Juli 2018 sesuai dengan jadwal kesepatan pembinaan di Lapas.

Pengantar oleh ibu Tissa Wulandari, Psikolog UPT P2TP2A Sulsel dimana sebelum melakukan ‘peer konseling’ , anak-anak dilatih utk mensharing masalahnya dan mengelompokkan berdasarkan topik masalah yg serupa utk berdiskusi dan merumuskan alternatif penyelesaian masalah yg mampu dilakukan.

Anak-anak dilapas kelas II Maros ini di latih utk penguatan pengambilan keputusan yg rasional, krn umumnya anak yg terlibat menjadi ABH krn tdk memiliki keterampilan utk menapis perilaku dan resiko yg dihadapi. Ujar Meisy Papayungan,  SMK, MSPh,  Kepala UPT P2TP2A Sulsel.

Meisy mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memang merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan di Lapas untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka mengingat banyaknya kasus kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak,  narkoba dan sebagainya.  Kegiatan ini merupakan salah satu solusi agar anak selalu bisa berfikir positif ujarnya.