Pelatihan Program Anti Bullying Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan UPT SMPN 1 Masamba

219

LuwuUtara (KLA.id)

pelatihan Program Anti Bullying dibuka oleh Sekretaris DP2PA Kab. Luwu Utara (12/9)

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Utara bersama UPT SMPN 1 Masamba mengadakan pelatihan program Anti Bullying bagi tenaga pendidik dan kependidikan di Aula UPT SMPN 1 Masamba, Rabu (12/9/2018).

pelatihan Program Anti Bullying dibuka oleh Sekretaris DP2PA Kab. Luwu Utara (12/9)

Melalui Sekretaris DP2PA, drg. Marhani Katma, MARS mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan bullying ini sendiri untuk mengetahui tingkah laku anak, apakah ia pelaku bullying atau korban bullying, maka dari itu “Mari kita sama-sama mengikuti kegiatan ini dengan seksama karena bullying dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak kita kelak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) DP3A Prov. Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa bullying (Perundungan) merupakan perilaku agresif yang terjadi diantara anak anak, usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan.

“Perilaku bullying tersebut diulang ulang baik anak yang dibully maupun yang melakukan bully sama sama memiliki masalah serius yang penting untuk diperhatikan. Yang melakukan bully menggunakan kekuasaan/kekuatan mereka seperti kekuatan fisik, akses untuk mendapatkan informasi memalukan atau popularitas untuk mengontrol atau menyakiti orang lain,” jelasnya.

Kabid PHPA DP3A Prov.Sulsel saat memberikan materi

Kabid PHPA megatakan, kita harus mengenali empat jenis bullying yaitu Bullying Verbal yaitu mengatakan atau menuliskan sesuatu yang memalukan, Bullying Sosial terkadang disebut bullying relasional yaitu mencakup merusak reputasi atau hubungan seseorang, Bullying Fisik yaitu mencakup menyakiti seseorang secara fisik atau isyarat dan yang terakhir Cyberbullying yaitu mencakup penggunaan e-mail, media sosial, telpon genggam, webcam, pesan singkat, situs internet dan sebagainya.

Para peserta pelatihan Program Anti Bullying

Olehnya itu “Mari kita sama sama memperhatikan anak anak kita agar bullying bisa kita cegah karena bullying bisa mempengaruhi perkembangan anak,” pungkasnya. (Nan_nik/)