Pembentukan Forum Orang Tua ABK Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

520

Tanjung Selor (kla.id) – Semua anak adalah anak kita, adalah slogan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang menggambarkan bahwa semua anak mempunyai hak yang sama dalam segala bidang dan aspek kehidupan tanpa ada diskriminasi termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Di Provinsi Kalimantan Utara terdapat 911 orang ABK, 160 orang berasal dari Kabupaten Bulungan dengan rincian 97 orang laki-laki dan 63 orang perempuan. Jumlah yang cukup besar mengingat di Kabupaten Bulungan hanya ada 1 SLB yang menampung 36 orang murid.  “Untuk itu perlu dibentuk pula Forum Orang Tua dengan ABK di Kabupaten Bulungan”, ujar Drs. Deddy Sudana, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Provinsi Kalimantan Utara kepada peserta pertemuan orang tua di Aula SLB Tanjung Selor (17/10/2017).

“Kegiatan ini dimaksudkan agar orang tua dengan ABK memiliki wadah untuk saling berbagi pengetahuan, saling berbagi pengalaman, dan yang terutama saling menguatkan. Selain itu diharapkan orang tua dapat lebih berperan aktif dalam menangani anak-anak mereka, serta mereka bisa berjuang semaksimal mungkin agar anak-anaknya juga bisa mendapatkan hak yang sama dengan anak-anak lainnya”, lanjut Deddy.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan materi parenting dengan tema “Mendidik dengan Positif” dengan narasumber Junaidi, S.Pd selaku Kepala SLB Tanjung Selor.

Acara ini juga dihibur dengan penampilan  tari, lagu dan puisi yang dibawakan oleh siswa-siswi SLB Tanjung Selor.

Di akhir acara diadakan pemilihan ketua forum orang tua dengan ABK, dan yang terpilih adalah Hendrikus Sulaiman.

Acara ini terselenggara atas kerjasama SLB Tanjung Selor, DPPPAPPKB, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Bappeda Provinsi Kalimantan Utara.

Diharapkan kedepan forum ini bukan hanya untuk orang tua ABK yang bersekolah di SLB tetapi menjadi forum untuk semua orang tua dengan ABK yang ada di Kabupaten Bulungan, dan dapat ditiru oleh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Utara. Serta melalui forum ini para orang tua dengan ABK dapat lebih berperan aktif agar ABK yang ada di Kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara pada umumnya bisa mendapatkan hak yang sama dengan anak lainnya di segala bidang mengingat mereka juga adalah generasi penerus bangsa yang akan meneruskan tongkat estafet pembangunan.

(Neni)