PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN BAGI ANAK SEKOLAH

30

Dompu~NTB Kla.id, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu melalui Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) genjar melaksanakan Program Guru Tamu.
Program Guru Tamu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Program Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Dompu dalam revitalisasi kegiatan belajar mengajar di Sekolah/Madrasah Kabupaten Dompu. Dengan adanya Guru Tamu yang didatangkan dari Penyuluh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu diharapkan siswa akan lebih memahami aplikasi dilapangan yang nantinya akan mereka hadapi langsung di dunia kerja.

Program PMTAS diluncurkan dalam rangka Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional yang terkait dengan Pengentasan Gizi Buruk (Insiden terhambatnya Pertumbuhan fisik pada Anak Usia 6-14 Tahun, terjadi pada 13,3 % anak laki~laki dan 10,9 % anak perempuan di Tahun 2010); mencapai pendidikan untuk semua (angka putus sekolah di Tingkat Sekolah Dasar dibeberapa Provinsi melebihi 3 %); dan pengentasan kemiskinan (30 juta orang Indonesia berada di bawah angka garis kemiskinan nasional)

Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) memiliki tujuan sebagai berikut ; (1) Memperbaiki asupan gizi; (2) Memperbaiki ketahanan fisik; (3) Meningkatkan kehadiran dan minat belajar; (4) Meningkatkan kesukaan akan makanan daerah yang bergizi; (5) Memperbaiki perilaku bersih dan sehat, termasuk kebiasaan makan yang sehat; (6) Meningkatkan partisipasi masyarakat; dan (7) Menambah pendapatan masyarakat melalui peningkatan penggunaan produksi setempat.

 

 

 

Setiap Tahun Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu melakukan Kegiatan PMT~AS (Program Pwmberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) dengan fokus mendorong dan sosialisasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) mengingat jumlah konsumsi makan ikan di wilayah Dompu dan Indonesia masih rendah dibandingkan dengan Negara~Negara lainnya. Gemarikan adalah merupakan Program Nasional yang diimplementasikan di Tingkat Pusat, Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Gerakan ini memotivasi generasi penerus bangsa untuk meningkatkan konsumsi makan ikan mengingat pentingnya konsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat bagi anak sekolah dan masyarakat pada umumnya.

PMT~AS Tahun 2019 dilaksanakan dibeberapa Sekolah di wilayah Kabupaten Dompu,terutama dilakukan di Sekolah~Sekolah yang jauh dari Pusat kota dan menjadi kantong kemiskinan di wilayah Kabupaten Dompu. Pada Tanggal 6 Agustus 2019 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu melakukan kegiatan PMT~AS di MI Al~Kautsar Desa Ranggo Kecamatan Pajo, jika dibandingkan dengan sekolah lain, MI Al~Kautsar Desa Ranggo secara geografis tidak jauh dari Pusat Kota tetapi ada yang menarik yang ada di MI ini yaitu menjadi MI INKLUSIF dimana sekolah melibatkan atau menerima ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Dengan adanya Sekolah Inklusi, ABK dapat bersekolah di Sekolah Regular yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi. Di sekolah tersebut ABK mendapat pelayanan pendidikan dari guru pembimbing khusus dan sarana prasarananya. Prinsip mendasar dari pendidikan inklusi adalah selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama~sama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka. Jadi disini setiap anak dapat diterima menjadi bagian dari kelas tersebut dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya maupun anggota masyarakat lain sehingga kebutuhan individualnya dapat terpenuhi. Upaya-Upaya Ini tidak bisa dilakukan sendiri tetapi diperlukan kerja sama di semua sektoral karena setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh manfaat maksimal dari pendidikan. UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1) dan Ayat (2) mengamanatkan bahwa setiap Warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Selain itu, Undang~Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, Pasal 5, Pasal 32 dan Undang~Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 48 dan Pasal 49, yang pada intinya Negara, Pemerintah, keluarga dan orang tua wajib memberikan kesempatan yang seluas~luasnya kepada anak untuk memperoleh pendidikan. Jadi semua orang berhak sekolah.

 

 

 

 

Dalam pelaksanaannya PMT~AS rangkaian acara adalah ; (1) Sambutan Kepala Sekolah dan Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu; (2) Penyampaian Materi tentang Pentingnya Ikan untuk Perkembangan dan Pertumbuhan Anak yang disampaikan oleh IKSAN ZULKARNAIN, S.Pi; dan ciri~ciri ikan, Pembagian ikan berdasarkan habitatnya dan Cara Mengenal Ikan Segar dan Ikan Busuj yang disampaikan oleh JANHAR ADI SAPUTRA, S.S.T.P serta Games menarik yang berkaitan Materi~Materi yang telah disampaikan.

Kegiatan PMT~AS selanjutnya dilaksanakan Tanggal 07 Agustus 2019 berlokasi di SDN No. 8 Woja Desa Wawonduru Kecamatan Woja dengan Materi Gemar Makan Ikan yang disampaikan oleh Pemateri NURSLIMI ARDIANSYAH, S.Pi dan LORYANTI FAUJIAH, S.Pi.

Sedangkan Kegiatan terakhir pada Tahun 2019 akan diselenggarakan di SDN No. 25 Manggelewa Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa yang akan dilaksanakan pada Tanggal 15 Agustus 2019.

Dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan derajat kesehatan terutama anak~anak generasi penerus, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu menggelar Program Kegiatan Guru Tamu 2019 dengan Tema “Sukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)” melalui Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak~Anak Sekolah (PMTAS) di 3 Sekolah, yakni MI Al~Kautsar Desa Ranggo Kecamatan Pajo; dan SDN 8 Woja Desa Wawonduru Kecamatan Woja; serta SDN 25 Manggelewa Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Bupati Dompu H. BAMBANG M. YASIN, ditandai dengan menyuapi anak~anak sekolah dengan makan ikan serta pemberian hadiah.
Hadir pula dalam kesempatan itu, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Dompu, Ketua DWP Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Camat masing~masing Kecamatan Lokasi Kegiatan dan anak~anak pelajar SD lokasi kegiatan serta OPD terkait lainnya.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu IR. WAHIDIN, M.Si mengatakan, Gemarikan ini dilaksanakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu terutama anak~anak generasi penerus bangsa supaya sejak dini gemar makan ikan, “Ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan” Kata WAHIDIN.

Ditambahkannya , ikan banyak sekali mengandung zat~zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh seperti protein, mineral, asam amino dan terutama omega~3. Di mana Omega~3 ini berdasarkan Penelitian FAO dan WHO dapat menyembuhkan penyakit depresi, skizofenia serta gejala hipertensi pada anak~anak. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Dompu berupaya menggalakkan dan memasyarakatkan makan ikan sejak dini melalui kegiatan Gemarikan ini.
“Untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat, kami akan menyelenggarakan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan yang kami harapkan dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan berbahan baku ikan yang berdampak pada kekuatan dan kecerdasan bangsa”, ucapnya.

Lebih lanjut WAHIDIN memaparkan, Kegiatan Gemarikan ini diikuti oleh semua pelajara di Sekolah Lokasi Kegiatan. Selain itu, serangkaian dengan kegiatan Gemarikan ini, dalam rangka mengajak dan menggugah kemauan masyarakat untuk menyukai ikan dilaksanakan juga kegiatan Kampanye Gemarikan melalui PMT~AS dan Safari Gemarikan melalui 3 SD di Kecamatan Pajo, Woja dan Manggelewa yang dilakukan 6 sampai 15 Agustus 2019. [Yd/DP3A Dpu]