Pendamping PKH Bentuk Wali Disabilitas

268

Brebes (www.kla.or.id) Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, melakukan kunjungan ke Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Mutiara Hati, untuk membentuk paguyuban orang tua berkebutuhan khusus yang akan di mulai tiap hari kamis minggu pertama setiap bulan, Kemarin.

Koordinator Kecamatan (Korcam) PKH Kecamatan Bumiayu, Tommy Saputra mengatakan, awalnya saya bertemu dengan Sutedjo selaku pengurus SLB Mutiara Hati Desa Laren. “Saya bertemu dengan Sutedjo yang bercerita bahwa YPAC yang mereka kelola kurang mendapat perhatian dan respon yang baik dari Pemerintah, kemudian saya share dengan teman-teman Pendamping PKH dan Camat Bumiayu, alhamdulillah responnya sangat bagus,” katanya.

Dalam rangka Kabupaten Brebes menjadi Kabupaten Layak Anak, tentunya tidak ada lagi diskriminasi terhadap pemenuhan hak-hak anak. Baik anak yang normal maupun mereka anak-anak yang berkebutuhan khusus. Tommy menambahkan, setelah share dengan teman-teman pendamping dan Camat Bumiayu akhirnya sebanyak 5 pendamping mengunjungi YPAC Mutiara Hati untuk memberikan motivasi dan sharing tentang kesehatan, “Kami berlima mendatangi SLB tersebut dan melihat kondisinya, kemudian kami memberikan motivasi kepada mereka dengan memutar film helen keller, setelah itu kami melakukan pembentukan paguyuban orang tua berkebutuhan khusus di Kecamatan Bumiayu, yang bertujuan untuk saling mempererat tali persaudaraan dan saling menguatkan satu sama lain,” imbuhnya. Eti Budiarti salah satu pendamping PKH Kecamatan Bumiayu yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, sangat senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini. “Saya sangat senang menjadi bagian kegiatan hari ini, karena saya bertemu langsung dengan anak-anak istimewa, mungkin awalnya ketika kita melihat mereka, kita akan iba pada mereka, namun setelah lama kita bermain dengan mereka, malah sebaliknya kita akan malu kepada mereka, karena dengan keterbatasan mereka, mereka mampu melakukan seperti kita,” katanya. Sementara itu Sutedjo, selaku pengurus YPAC Mutiara bunda menyampaikan rasa terima kasih kepada pendamping PKH Kecamatan Bumiayu dan Camat Bumiayu yang telah merespon keluh kesahnya, “Saya mewakili semua pengurus YPAC Mutiara Hati mengapresiasi kegiatan pendamping PKH yang telah bersama-sama kami membentuk paguyuban orang tua berkebutuhan khusus, rencana tindak lanjut yakni pertemuan rutin setiap bulan setiap hari kamis minggu 1. dan untuk persemiannya Insya Allah bulan depan pas hari kartini,” Ungkapnya.(AA)