Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Untuk Menumbuh Kembangkan Anak Secara Optimal

84

Tanjung Selor (kla.id) – Gugus Cahaya Mentari telah berhasil menggelar kegiatan Parenting Akbar, yakni kegiatan yang memfokuskan orang tua terlibat dalam pengasuhan buah hatinya. Bertempat di Aula Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjung Selor, tampak acara berjalan dengan tertib. Kegiatan Parenting Akbar sendiri sudah yang kedua kalinya berjalan, dan merupakan program kerja dari Gugus Cahaya Mentari.
“Karena banyak kegiatan, maka kegiatan Parenting Akbar ini baru kami laksanakan pada bulan Oktober,” ungkap Ketua Panitia Gugus Cahaya Mentari, Andi Erna Supianty di Tanjung Selor (04/10/2018).
Andi Erna menuturkan tema Parenting Akbar kali ini adalah Pengasuhan Anak Di Keluarga Dalam Rangka menumbuh Kembangkan Anak Secara Optimal. Tema tersebut diangkat agar orang tua dapat langsung melibatkan diri dalam mengasuh buah hatinya. Pasalnya selama ini orangtua beranggapan jika anaknya mendapatkan pendidikan sepenuhnya di sekolah.
“Kami sengaja mengundang orang tua dan mendatangkan narasumber yang ahli di bidang pengasuhan anak, yakni ibu Helda Fibriyanti, M.Pd dari Salimah Bandung. Agar dapat memberikan penjelasan terkait pengasuhan anak untuk mendapatkan pendidikan dalam keluarga,” bebernya.
Andi Erna mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah agar orang tua faham jika pendidikan anak sepenuhnya ada dalam keluarga, sekolah hanya sebagai fasilitas dalam mendapatkan pendidikan formal. Dirinya berharap agar kegiatan Parenting Akbar ini lebih baik lagi kedepan.
“Kita juga harap agar orang tua lebih berpartisipasi dalam membantu guru di sekolah terhadap penanganan anak dan turut mengembangkan pendidikan anaknya,” jelasnya.
Sementara itu dari Ketua Panitia Pengelola TK Buddhis, Titik Wahyuni S.Ag menuturkan jika peran orangtua tidak bisa terlepas dalam pendidikan anak. Dan sekolah sendiri hanya sebagai wadah dalam mendapatkan pendidikan lanjutan.
“Tujuannya inikan pendidikan orangtua, yang akan berlangsung dari pagi hingga selesai, jadi hanya sehari,” ujar Titik.
Dia menyebutkan jika para pengurus dan pengelola dari lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bergabung untuk menyukseskan kegiatan. Adapun lembaga yang berpartisipasi adalah TK Buddhis Paramitha, TK Tunas Rimba, TK Melati, RA Al-Khairaat, KB Seroja, KB Benuanta dan TKIT Imam Syafi’i.
“Semua terlibat baik lembaga kelompok bermain maupun Taman Kanak-Kanak,” tuturnya.
Rencana kedepan akan terus digalakkan untuk mengadakan Parenting Akbar, dan akan berjalan pada setiap tahunnya. Titik Wahyuni menyebutkan ada 240 peserta yang hadir merupakan orang tua dan tamu undangan, dalam kegiatan Parenting Akbar tersebut.

(adv/has)