Penguatan Forum Anak dan Pemilihan Duta Anak di Kab. Sinjai

648

Sinjai (kla.id)

Pertemuan penguatan forum anak kab. Sinjai yang sekaligus memilih duta anak yang akan dipersiapkan untuk mewakili Kab. sinjai ke Festival Forum Anak Sulsel yang akan dilaksanakan pada bulan maret mendatang.   di buka oleh Asisten 3 mewakili Bupati Sinjai,  H. Akmal, MS, beliau sangat apresiasi dengan semangat  anak-anak berpartisipasi dalam pembangunan melalui kagiatan-kegiatan yang dilakukan. Beberapa rangkaian acara dalam  Penguatan forum anak antara lain diawali dengan Laporan Ketua Panitia,  Hj. Andi Muliati Anwar, S. Sos, MH,  kemudian sambutan Kepala Dinas PPPA Prov. Sulsel,  Hj. Andi Murlina PA, S. Sos,  yang sangat terkesan dengan cukup banyaknya peserta yang hadir, dilanjutkan sambutan oleh bupati sinjai yang diwakili oleh asisten 3 Kab. Sinjai sekaligis membuka acara Penguatan Forum Anak Kab. Sinjai. Setelah istirahat dilanjutkan kembali oleh materi dari Ka.Dinas PPPA Prov. Sulsel yang menjadi  bahan dalam diskusi kelompok yang dibagi kedalam tiap kluster.

A.Murlina , yang didampingi oleh A. Nurseha, SKM. M. Kes  Kepala Seksi Perlindungan Khusus Anak Prov. Sulsel membahas masalah-masalah yang ada di Kab. Sinjai berdasarkan kluster KLA yang merupakan hasil evaluasi KLA Kab. Sinjai tahun 2017 ,  dimana masalah-masalah ini  menjadi acuan dalam diskusi untuk mendapatkan usulan yang betul-betul berdasarkan masalah yang ada di daerah. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok oleh forum anak  wakil dari masing-masing desa/kelurahan dan kec yang dilanjutkan dengan pemaparan hasil diskusi kelompok yang merupakan usulan masing-maisng kelompok berdasarkan masalah yang ada di wilayahnya. Acara terakhir adalah pemilihan duta Anak dimana ada 4 orang  duta anak 2018.kab.Sinjai terpilih, yang akan mewakili sinjai ke FASS.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan di di Aula Kantor Bupati Lama Dinas P3AP2KB Kab. Sinjai,  sabtu tanggal 9 februari 2018, yang dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari masing-masing wakil forum anak desa/kelirahan, kecamatan dan kab,  organisasi perangkat daerah terkait serta pendamping dari masing-masing desa/kelurahan, kec.  Dan kabupate

Penguatan Forum Anak dan Pemilihan Duta anak ini dilaksanakan setiap tahun dan  bertujuan untuk memetakan permasalahan yang terkait dengan anak di Kab. Sinjai dan mengusulkan kegiatan-kegiatab berdasarkan masalah yang ada disetiap kluster,  dimana usulan ini akan di paparkan pada Musrenbang Anak Kab. Sinjai, yang akan dilaksanakan tanggal 19 februari mendatang.

Kegiatan ini juga mendapatkan pendampingan  dari Forum Anak Kabupaten Sinjai, Senior-senior forum anak Dua Tallu yang selalu siap mendampingi ade-ade mereka dalam setiap kegiatan,   juga hadir Forum Anak Kota pare-pare,  Fajri yang merupakan Wakil ketua pada Festival Forum Anak Nasional tahun 2017. Yang sangat antusias mendampingi dan mengarahkan jalannya diskusi samoai pada pemilihan duta anak kab. Sinjai.

Ketua panitia,  Ibu Andi Muliati Anwar,  S. Sos, MH , Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlidungan  Perempuan dan Anak berharap dengan kegiatan ini akan membawa dampak yang pisitif bagi pembangunan daerah kedepan dan usulan dari forum anak mulai tingkat desa,  kecamatan dan kabupaten dapat diakomodir oleh Pemerintah daerah .

Acara ditutup oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kab. Sinjai, Dra.Hj. Masati, MSi, juga berharap agar anak- anak sinjai bisa menjadi generasi penerus yang lebih hebat dan berkualitas dalam membanguan kab. Sinjai kedepan.