Pengukuhan Sekaligus Pembentukan Aktivis PATBM dan FAD Tingkat Desa di Desa Tengkapak

228

Tanjung Selor (kla.id) – Melalui Pemerintah Desa Tengkapak, Kecamatan Tanjung Selor dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan melakukan kegiatan Pengukuhan Sekaligus Pembentukan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Forum Anak Daerah (FAD) Tingkat Desa di Desa Tengkapak, Rabu (19/12/18) lalu.
Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Jelarai.
Turut hadir dalam kegiatan ini Sekertaris Desa Tengkapak Kristiyanto beserta staf, Pj. Desa Jelarai Rum Cau,Sos beserta staf, Camat Tanjung Selor Errin Wiranda, SE beserta staf, Kepala Dinas DP3AP2KB dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes beserta staf, Ketua PKK Desa Jelarai dan Desa Tengkapak beserta staf, Aktivis PATBM, Perwakilan siswa-siswi tingkat pertama dan atas desa Jelarai dan Tengkapak.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu dr.Hj, Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber PATBM dan Bapak YB Prih Muji Darmawan, S.Psi selaku Staf Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber FAD.
Dalam materinya dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes mengatakan “Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), yaitu Gerakan Perlindungan Anak yang dikelola oleh sekelompok orang yang tinggal di suatu wilayah (desa/kelurahan). Diharapkan melalui PATBM, masyarakat diharapkan mampu mengenali, menelaah dan mengambil inisiatif untuk mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri” ujarnya.
Selanjutnya pada sesi berikutnya Bapak YB Prih Muji Darmawan, S.Psi dalam pemaparan materinya “Pengukuhan Forum anak ini menjadi jembatan untum anak selalu berkomunikasi serta berinteraktif, peningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotism serta pengembangan karakter bangsa” pungkasnya.
Selanjutnya kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber.
Kemudian kegiatan ini di tutup dengan pengukuhan sekaligus pembentukan aktivis PATBM dan ketua dan anggota FAD Desa Tengkapak.