Pengukuhan Sekaligus Pembentukan Aktivis PATBM dan FAD Tingkat Kelurahan di Kelurahan Tanjung Selor Timur

37

Tanjung Selor (kla.id) – Pemerintahan Kelurahan Tanjung Selor Timur dan Kelurahan Tanjung Selor Hilir bersama Pemerintahan Kecamatan Tanjung selor dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan mengadakan Pengukuhan sekaligus pembentukan aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Forum Anak Daerah Tingkat Kelurahan (Senin 17/12/2018).
Kegiatan ini digelar di Aula Pertemuan Kantor Camat Tanjung Selor. Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan pengukuhan sekaligus pembentukan aktivis PATBM dan FAD Kelurahan Tanjung Selor Hilir.
Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Tanjung Selor Kepala Dinas DP3AP2KB Ibu dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes beserta Staf, Bapak Errin Wiranda, SE beserta staf, Lurah Tanjung Selor Hilir Bapak Agus Setiawan, SIP beserta staf, Lurah Tanjung Selor Timur Ibu Juani Julan Utjau, SE beserta staf, Tokoh Agama Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Timur, Tokoh Masyarakat Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Timur, Tokoh Pemuda Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Timur, Ketua RT dan RW Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Timur, Perwakilan Siswa dan Siswi Sekolah Menegah Pertama dan Atas Kelurahan Tanjung Selor Timur dan Hilir dan Masyarakat setempat.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu dr.Hj, Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber PATBM dan Bapak YB Prih Muji Darmawan, S.Psi selaku Staf Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber FAD.
Dalam materinya dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes mengatakan “Titik berat kegiatan PATBM adalah kegiatan promotif dan pencegahan untuk menghindari terjadinya kekerasan. Upaya untuk promosi dan pencegahan ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun norma anti kekerasan, meningkatkan kemampuan orang tua untuk mengasuh anak yang jauh dari nilai kekerasan dan meningkatkan kemampuan anak untuk bisa melindungi diri dari kemungkinan terjadinya tindak kekerasan pada dirinya” Ujarnya.
Selanjutnya pada sesi berikutnya Bapak YB Prih Muji Darmawan, S.Psi dalam pemaparan materinya “Tujuan forum anak ini adalah untuk mendorong anak aktif pengembangkan dirinya sesuai dengan potensi, minat, bakat dan kempuannya seperti megembangkan ruang partispasi anak, mengembangkan wadah penyaluran aspirasi anak, mempercepat proses pemenuhan hak anak dan membangun pranata pengembangan potesi anak” Ucapnya.
Selanjutnya kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber.
Kemudian kegiatan ini di tutup dengan pengukuhan aktivis PATBM dan ketua dan anggota FAD Kelurahan Tanjung Selor Timur.