Penyuluhan PIK-KRR dan Penanggulangan Narkoba Serta PMS Termasuk HIV-AIDS

121

Tanjung Selor (kla.id) Di masa kini, permasalahan remaja sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami oleh remaja. Masalah yang menonjol di kalangan remaja yaitu permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS, IMS serta Napza), rendahnya pengetahuan remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dan median usia kawin pertama perempuan relatif masih rendah.
Program kesehatan reproduksi remaja merupakan salah satu program pokok pembangunan nasional. Salah satu sasaran strategis yang ingin dicapai adalah berkaitan erat dengan Program Kesehatan Reproduksi Remaja yang ditingkatkan melalui Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR).
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kabupaten Bulungan. Pada kegiatan ini diikuti oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Bulungan, siswa siswi sekolah menengah pertama dan atas yang ada di Tanjung Selor, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta perwakilan guru dan kepala sekolah di Tanjung Selor.
Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan Ibu dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku pembicara memberikan sambutan sekaligus membuka acara resmi acara tersebut, menyatakan sangatlah perlu bagi generasi muda karena dapat memperkenalkan dampak negatif dari narkoba sehingga diharapkan mereka dapat mempersiapkan diri membangun keluarga yang bahagia. Narkoba merupakan Zat-zat kimiawi yang apabila dimasukkan kedalam tubuh dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati, perasaan dan perilaku seseorang.
“Penyuluhan ini sangat diperlukan dalam membina dan menyiapkan generasi muda yang diharapkan nantinya mengetahui narkoba dan permasalahannya, hal ini sejalan dengan program PIK KRR”, ujarnya.
Kemudian acara diakhiri dengan sesi tanya jawab foto bersama.