Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

655

Pontianak (kla.id). Untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.  Dengan Tema Utama:”Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”demikian  disampaikan oleh “Dra.Syf. Mardiana Al Mutahar,M.Si” selaku Assisten III Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, di hadapan 200 orang undangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, Organisasi wanita, dharma wanita, sekaligus membuka  Kegiatan Peringatan Hari Ibu ke- 89 ini, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia penyelenggara oleh “ Drs. H. Sumarno” selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Provinsi Kalimantan Barat, di Hotel Mercure Jln. A. Yani Pontianak. (19/12)
Adapun tujuan dari kegiatan Peringatan hari Ibu yang ke- 89 Tahun 2017 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, adalah: a.Agar seluruh warga Negara Indonesia, laki-laki dan perempuan terutama generasi muda, baik yang berada diwilayah Indonesia maupun di luar negeri senantiasa mengenang dan menyegarkan kembali ingatannya akan pentingnya pemahaman dan penghayatan serta arti perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebangkitan Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. b.Mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, guna makin mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila.
Peringatan hari Ibu dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” mempunyai sub tema yaitu :a. Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan; b. Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi,pendidikan,kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).
Kegiatan ini berlangsung  hari Selasa tanggal 19 Desember  2017 dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dan  dimeriahkan oleh paduan suara dari GPKB,  serta persembahan  tarian  Kipas dari Sanggar Terigas Borneo dan tarian Aceh dari Sekolah Dasar Muhamadiyah 2 Pontianak. Sebagai acara tambahan yaitu penerimaan hadiah bagi para pemenang lomba yang diserahkan langsung oleh “Drs. H. Sumarno” selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Provinsi Kalimantan Barat.
Melalui kegiatan ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, diharapkan dapat   Meningkatkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran sertanya baik peran pribadi, mandiri, maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan.,  ujar “Drs. H. Sumarno “ selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat. (Sri Hartati)