Pjs. Walikota Pontianak Tinjau Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer

308
Pjs Walikota Pontianak, Dra. mahmudah , MM Mengecek Komputer di Lab Komputer SMPN 1 Pontianak

Kota Pontianak (kla.id) – Pjs. Walikota Pontianak, “Dra. Mahmudah, MM” memastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP Tahun 2018 di Kota Pontianak pada tanggal 23 s.d 26 April 2018 bisa terlaksana dengan lancar. “Untuk sekolah negeri semua sudah siap melaksanakan UNBK, meskipun sebelumnya ada sedikit hambatan dengan masalah kesiapan terutama peralatan komputer tapi Alhamdulillah semua sudah bisa kita atasi, ” Ujar Mahmudah kepada rekan media dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir usai meninjau kesiapan sekolah SMPN Negeri 1 Pontianak sebagai sekolah penyelenggara UNBK, yang berlokasi di Jalan Jenderal Urip Pontianak, Minggu Malam, (22/4).

Kunjungan Kerja Pjs. Walikota Pontianak di SMP Negeri 1 Pontianak,  didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, “DR. Mulyadi, M.Si”, Inspektur Kota Pontianak, “Sujiarti, SH, M.Si” dan Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak, “Drs. Hendro Subekti”.

Pjs Walikota Pontianak berbincang dengan kepala Sekolah SMPN 1 Pontianak

Namun Mahmudah mengakui bahwa di Kota Pontianak masih ada sekolah swasta yang belum bisa melaksanakan UNBK, “Kalau yang swasta memang belum semua bisa melaksanakan UNBK tetapi paling tidak tahun ini sudah ada kemajuan, Tahun lalu baru 11 (sebelas) sekolah yang melaksanakan UNBK dan tahun ini sudah 26 (dua puluh enam) sekolah yang melaksanakan UNBK, selebihnya masih menggunakan Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP) “ Ungkap Pjs Walikota.

Senada yang disampaikan oleh Pjs Walikota Pontianak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pontianak, “Dr. Mulyadi, M.Si” mengatakan bahwa tahun ini di Kota Pontianak seluruh SMP Negeri sudah melaksanakan UNBK totalnya ada 26 (dua puluh enam) Sekolah, Tsanawiyah negeri ada 2 (dua) sekolah, SMP Swasta ada 26 (dua puluh enam)  sekolah, Tsanawiyah swasta ada 1(satu) sekolah yang melaksanakan UNBK jadi seluruhnya ada 55 (lima puluh lima) sekolah yang sudah UNBK.

Pjs Walikota Pontianak bersama Kadiknas Kota Pontianak, DR. Mulyadi, M.Si meninjau Kesiapan UNBK di SMPN 1 Pontianak

Dari sekolah yang melaksanakan UNBK terdapat 9 (sembilan) ribu siswa yang melaksanakan ujian, “Tahun ini jumlah siswa yang melaksanakan UNBK sembilan ribu lebih, berarti 88 % siswa di Kota Pontianak akan melaksanakan UNBK,“ Kata Mulyadi selaku Kadiknas Kota Pontianak.

Untuk mengantisipasi kendala yang terjadi selama UNBK berlangsung, Pemkot melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak telah memberikan arahan ke sekolah untuk menyiapkan segala kemungkinan yang terjadi artinya Komputer, Server dan Genset semua telah disiapkan agar pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar

Selain itu untuk memperlancar pelaksanaan UNBK di sekolah negeri, Pemerintah Kota Pontianak juga telah mensupport sekolah berupa peralatan komputer beserta server nya dan apabila masih terdapat sedikit kekurangan maka pihak sekolah telah mengkomunikasikan hal tersebut dengan orang tua siswa agar dapat meminjamkan laptop kepada putra dan putri nya yang akan melaksanakan ujian, sehingga akan ada pelajar yang menggunakan laptop pada saat ujian seperti halnya yang terjadi juga di SMU dan SMK.

Untuk menetapkan sekolah melaksanakan UNBK atau tidak sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, jika memang sudah  siap untuk melaksanakan UNBK dipersilahkan untuk melaksanakan UNBK, “saat ini kita tidak memaksakan sekolah Swasta yang belum siap untuk melaksanakan UNBK karena banyak hal yang dipersiapkan untuk melaksanakan itu, “ Ujar Mulyadi.

Pjs Walikota Pontianak berharap pelaksanaan UNBK tahun ini dapat berjalan dengan lancar, dan kedepannya agar sekolah swasta yang tadi nya baru 26 (dua puluh enam) sekolah melaksanakan UNBK bisa seluruh nya menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” demikian “Mahmudah”. (my)