Praktik Terbaik: Komitmen Pimpinan Daerah Yang Utama

193

Bekasi – kla.org – Komitmen Pimpinan Daerah yang utama dalam mengimplementasikan Desa/Kelurahan Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Hal ini mengemuka pada Temu Koordinasi Kabupaten/ Kota Layak Anak pada hari kedua (9/12).

Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi Kota yang menuju Layak Anak menurut , Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Surakarta bahwa “Peran Walikota sangat menentukan dalam percepatan menuju Kota Layak Anak untuk memastikan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah mempunyai kebijakan, program, dan anggara yang memperhatikan kepentingan terbaik anak”. “Selain itu mendengarkan suara anak juga sangat menentukan dalam setiap menyusun kebijakan dan program yang terkait dengan anak”. Upaya ini dilakukan melalui forum anak,” ungkap Widdi.

Praktik terbaik lain untuk tingkat kecamatan menurut bahwa “Pemerintah Kecamatan memastikan penyediaan ruang publik yang nyaman dan aman bagi anak merupakan hal utama. Selain itu untuk mewujudkan Kecamatan Layak Anak perlu memaksimalkan kepemimpinan camat,” tegas Amig.

Yang unik dari praktik terbaik di Kecamatan Layak Anak, Amig mencontohkan pada Kantor Kecamatannya ia menciptakan “Ruang Si- RIA (Ruang Impian Anak) yaitu sarana untuk anak apabila orang tuanya sedang ada keperluan pengurusan surat di Kantor Kecamatan. Ruang RIA ini dilengkapi dengan fasilitas TV, buku bacaan.

Kelurahan Layak Anak

Menurut Ricky, Lurah Nikoten II, Kota Kupang, bahwa “Setiap warga termasuk anak ambil bagian dalam wujudkan Kelurahan Ramah Anak”. “Supaya mereka mengetahui secara langsung kebutuhan dan keinginan anak”, tegas Ricky yang pernah menjadi Direktur PDAM Timor Timur. Selain itu, contoh unik dari Kelurahan Nikoten II, menurut Ricky bahwa “Anak-anak menentutkan waktu mereka sendiri – belajar, bermain, dan bantu orang tua, mereka tuliskan dalam kertas dan ditempelkan di masing-masing kamar anak.

Benang merah dari praktik terbaik kelurahan layak anak, kecamatan layak anak, dan kabupaten/kota layak anak adalah Komitmen Lurah/Kepala Desa, Camat, Bupati dan Walikota.

Diskusi Kelompok