Rapat Koordinasi Gugus TugasPemenuhan Hak Anak (PHA) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

271

Palangkaraya (kla.id) –“Setiap anak dalam sebuah lingkungan di mana kualitas tumbuh dan berkembangnya sangat tergantung pada lingkungan tersebut. Untuk menghasikan sumber daya manusia berkualitas unggul di masa depan, lingkungan tempat di mana anak-anak tinggal harus dapat memenuhi hak-hak anak, termasuk hak bermain, hak belajar, hak berkumpul dan hak untuk di dengar pendapatnya. Tahapan pengembangan KLA sebagai upaya pemenuhan hak anak meliputi persiapan, terdiri dari peningkatan komitmen, pemenuhan gugus tugas KLA kabupaten/kota dan pengumpulan data dasar, perencanaan yang terdiri dari penyusunan RAD-KLA, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan” hal ini disampaikan oleh dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Kes kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di hadapan peserta “ Kegiatan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pemenuhan Hak Anak (PHA) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah” di hotel Aquarius, (07/06).

Kegiatan ini untuk meningkatkan terwujudnya pelaksanaan KLA pada kabupaten/kota di kalimantan tengah dan untuk pemenuhan hak anak serta meningkatkan komitmen gugus tugas dalam pelaksanaan pemenuhan hak anak.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan, laporan ketua panitia, sambutan dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Kes di hadiri oleh perwakilan SOPD dan lembaga/ organisasi terkait tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang berjumlah 40 (empat puluh) orang dengan narasumber dari Kementerian PP-PA RI Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Lenny Nurhayanti Rosalin,SE,MSc,Mfin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dr. ADM. TANGKUDUNG, M.Kes dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tukas S Umar,S.Sos.

Kegiatan ini di bebankan pada DPA-SKPD Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Kegiatan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pemenuhan Hak Anak (PHA) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah membuat Rencana Aksi Daerah(RAD)yang mengacu pada 5 klaster kompensi hak anak dan kelembagaan terdiri dari 24 indikator. (Revika, A.Md).