Relawan TIK Indonesia Cabang Dompu akan Menggelar Sosialisasi Internet Sehat Era Milenial

45

Dompu~NTB, Fenomena penggunaan media sosial sebagai media online semakin massive pada dekade ini. Kalangan muda sebagai generasi milenial atau digital native merupakan pengguna terbesar dalam penggunaan media sosial saat ini. oleh karena itu Pendidikan Literasi Digital merupakan solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat dan Civitas Akademika yang peduli terhadap kemajuan Bangsa.

Era globalisasi ini adalah era dimana keberadaan gadget bukanlah suatu hal yang mengejutkan lagi. hampir setiap orang, khususnya di Indonesia mengenal bahkan memilikinya, karena tidak seperti dahulu, gadget dapat kita temui dimana saja dengan harga yang tentunya bervariasi dan cenderung tidak murah. Kemunculan gadget ini merupakan akibat dari perubahan dan pertumbuhan pola pikir manusia itu sendiri yang menginginkan kemudahan dan kelancaran dalam berkomunikasi. salah satu media yang dikembangkan manusia adalah New Media yang mana internet yang selama ini kita akses melalui Smartphone atau gadget masuk kedalam pembahasannya.

internet mempermudah segala aktivitas manusia karena segala macam informasi hingga hiburan terdapat disana. Internet juga menjadi penyedia media informasi surat kabar sehingga bagi para pecinta Koran, tidak perlu lagi membeli Koran namun cukup dengan membuka website berita melalui gadget saja. Perkembangan media baru (New Media) membuat kemunculan literasi digital dimana para pengguna dapat melakukan proses pembelajaran sekaligus pemahaman melalui media digital baru.

Literasi Digital adalah suatu proses dan kemampuan individu dalam mengoperasikan media atau alat digital untuk mencari, menganalisis dan mengevaluasi informasi, proses pembelajaran hingga komunikasi dengan orang lain agar dapat saling terjalin interaksi dan partisipasi antar masyarakat.
Literasi Digital dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk menerapkan keterampilan fungsional pada perangkat digital sehingga ia dapat menemukan dan memilih informasi, berpikir kritis, berkreativitas, berkolaborasi bersama orang lain, berkomunikasi secara efektif dan tetap menghiraukan keamanan elektronik serta konteks sosial budaya yang berkembang

Sosialisasi Internet Sehat dilakukan untuk menyikapi semakin menjamurnya penggunaan fasilitas internet. Internet di era sekarang bukan hanya digunakan oleh kalangan dewasa saja, melainkan sudah bebas merambah ke anak seusia SD, SMP, SMA/SMK dan Remaja.

Kegiatan Sosialisasi Internet Sehat Era Milenial dengan Tema “Cerdas Berinteraksi di Media Sosial” akan dilaksanakan tanggal 15~17 Juli 2019 yang akan dilaksanakan di (1) SMKN 1 Dompu; (2) SMKN 2 Dompu; dan (3) SMAN 2 Woja yang disesuaikan dengan Jadwal Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di Sekolah masing~masing di Kabupaten Dompu

Saat ini salah satu ancaman terbesar Indonesia adalah penyebaran konten negatif melalui internet seperti Hoax, Cyberbullying, Online Radicalism, Pornografi, Perjudian, Fraud, Human Trafficking dan Piracy.

Dalam Kegiatan Sosialisasi ini akan diisi oleh Pemateri sebagai berikut ;
(1) Muh. Ridwan, S.Pd.TI selaku Ketua Relawan TIK Kabupaten Dompu;
(2) Muhammad Ardih, S.Kom selaku Sekretaris Relawan TIK Kabupaten Dompu; dan
(3) Imam Saukani K, SE.Akt selaku Bendahara Relawan TIK Kabupaten Dompu

Serangkaian Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan Games Ular Tangga Internet Sehat yang akan dipandu oleh ;
1) Syaiful Hendra, S.Pd (Koordinator Humas Relawan TIK Kabupaten Dompu);
2) Sa’aban Usman (Anggota Relawan TIK Kabupaten Dompu); dan
3) Muhriadin (Koordinator Prasarana relawan TIK Kabupaten Dompu)
[Yd/DP3A Dpu]