Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak Kabupaten Bulungan

62

Tanjung Selor (kla.id) – Dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak-hak anak yang dikelompokkan dalam 5 klaster sesuai dengan Konveksi Hak Anak, maka Pemerintah Kabupaten Bulungan berupaya mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat serta dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan melalui Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA). Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kabupaten Bulungan, Kamis (26/09/19).
Turut hadir dalam rapat ini Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan, Asisten Perekonomian, Kesejahteraan dan Pembangunan Kabupaten Bulungan, Kepala BPS Kabupaten Bulungan, Rektor Universitas Kabupaten Bulungan, Kepala DPMD Kabupaten Bulungan, Kepala dan Perwakilan OPD Se-Kabupaten Bulungan, Camat Se-Kabupaten Bulungan, Ketua PKK Kabupaten Bulungan, Direktur Bankaltimtara, Direktur BPR, Perusahaan Swasta, Fasilititator PATBM Kabupaten Bulungan, Perwakilan Aktivis PATBM Desa di Kabupaten Bulungan, Kepala Biro Koran Radar Tarakan dan Forum Anak Daerah Kabupaten Bulungan.
Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini Tenaga ahli Pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Bulungan Dr. Arif Jauhar Tontowi. Dalam laporan Pendahuluan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA) ini beliau menjelaskan bahwa KLA telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan.
“Tugas selanjutnya perlu disiain RAD KLA sebagai acuan yang komprehensif, sistematis, implementatif dan terukur agar program tersebut bisa diwujudkan menjadi kenyataan”,tegasnya.
Di dalam RAD KLA ini terdapat 24 indikator yang terbagi dalam lima kluster yang menjadi parameter dalam RAD KLA. RAD KLA ini harus didesain berbasis data dan dikerjakan secara kelembangaan yang terintegrasi dan sinergis.
Selain itu, tujuan dari RAD KLA untuk mengidentifikasi berbagai persoalan dan potensi yang terkait dengan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Bulungan, mewadahi komitmen para pemangku kepentingan untuk mentransformasi Konvensi Hak Anak dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Bulungan dan memberi acuan dalam mewujudkan Kabupaten Bulungan menjadi Kabupaten Layak Anak.