Renovasi Mapolda Kaltara Dikebut

9

Tanjung Selor (kla.id) – Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk mendukung Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara diwujudkan dengan merenovasi Kantor Markas Polda yang berlokasi Kilometer (KM) 9, Desa Bumi Rahayu, Tanjung Selor. Pekerjaan renovasi yang tahun ini mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 15 miliar lebih dari APBD Provinsi Kaltara 2018 itu, telah rampung dikerjakan. Saat ini sedang menyelesaikan kegiatan tambahan yang didanai melalui APBD-Perubahan 2018 senilai Rp 5 miliar lebih.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara, melalui Bidang Cipta Karya (CK), renovasi Mapolda Kaltara yang merupakan eks gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan tersebut, proses realisasi pengerjaan sudah mencapai 100 persen dengan kontrak awal sebesar Rp 15.189.972.000.

Nilai kontrak awal sebesar Rp 15 miliar lebih tersebut, untuk melakukan sejumlah pekerjaan. Di antaranya, hardscape, pembangunan power house, pengerjaan ground water tank (GWT), mechanical electrical (ME), pengerjaan arsitektur dan drainase. “Percepatan renovasi pembangunan Mapolda ini kita lakukan agar akhir 2018 rampung. Sehingga tahun depan Mapolda tersebut sudah bisa digunakan,” ungkap Sujadi, Kepala Bidang Cipta Karya (CK) DPUPR-Perkim Kaltara.

Sujadi mengatakan, selain dilakukan sejumlah pengerjaan menggunakan APBD murni, juga ada pengerjaan lanjutan yang bersumber dari APBD-P sebesar Rp 5.711.349.000.

Pada tahap lanjutan tersebut, kata Sudjadi, dilakukan pengerjaan lapangan upacara serta pengerjaan jalan di lingkungan Mapolda. “Saat ini sedang dilakukan pengaspalan untuk jalan di lingkungan Mapolda. Ditargetkan akhir 2018 proses pengerjaan yang bersumber dari APBD-P akan tuntas dikerjakan,” kata Sujadi.

Disamping itu, agar dalam pengerjaan renovasi tersebut dapat selesai hingga 100 persen, Sujadi menegaskan, tahun ini Pemprov Kaltara melalui DPUPR-Perkim terus bekerja secara maksimal dan melakukan pengerjaan yang dianggap mudah terlebih dahulu. Dimana, setiap perkembangan dari renovasi pembangunan Mapolda terus diawasi, sehingga diharapkan capaian untuk tahun ini dapat maksimal.

Sebelumnya, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau progres renovasi Mapolda Kaltara beberapa waktu lalu menyampaikan, untuk merenovasi gedung eks Kantor DPRD Bulungan itu diperkirakan butuh anggaran Rp 40 miliar.

Irianto mengatakan, walau anggaran yang digelontorkan Pemprov cukup terbatas, komitmen pemerintah daerah agar Polda segera memiliki markas segera tetap diupayakan.

Tahun ini, melalui APBD dan APBD-Perubahan telah direalisasikan anggaran kurang lebih Rp 21 miliar. Untuk kekurangan yang belum terlaksana pada tahun ini, dimungkinkan dianggarkan tahun berikutnya. Tentu dengan menyesuaikan kemampuan anggaran Pemprov Kaltara.(humas)