Ribuan Murid Ikuti Seleksi O2SN, FLS2N dan GSI

30

TANJUNG SELOR (kla.id) – Ribuan murid dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat baik negeri maupun swasta se-Kecamatan Tanjung Selor mengikuti seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Gala Siswa Indonesia (GSI).

Seleksi yang diikuti sebanyak 38 SD/MIN dan 16 SMP/MTs tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bulungan H.Sudjati yang diwakili oleh staf ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Drs.Agus Nurdiansyah. Acara pembukaan seleksi berlangsung meriah di Lapangan Agathis, Rabu (13/3).

Disampaikan ketua panitia Eko Purdiyanto tujuan dari kegitan seleksi tersebut yaitu seperti  meningkatkan mutu pendidikan khsusnya di bidang olahraga dan seni mengembangkan minat dan bakat bidang olahraga dan seni, meningkatkan kesehatan jasmani, prestasi akademik dan melatih sportifitas di di antara peserta didik Kecamatan Tanjung Selor.

“Juga meningktkan persatuan dan kesatuan antar peserta didik di wilayah Tanjung Selor baik SD maupun SMP, juga menumbuhkan nilai-nilai karakter, disiplin, kreatif jujur, sportif, kempetitif, solidaritas dan bertanggung jawab,” ungakapnya.

Adapun ia katakan jumlah peserta yang mengikuti seleksi terdiri dari 38 sekolah SD atau sederajat dan 16 SMP sederajat. Ia memprediksi bahwa peserta yang hadir mencapai 3.500 hingga 4.000 orang.

“Karena menurut catatan jumlah siswa SD dan SMP di Tanjung Selor mencapai 5.700 orang. Selain OS2N dan FLS2N juga ada festival literasi sekolah, gemar membaca dan olimpiade sains nasional yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan,” jelasnya.

Lebih jauh ia katakan, adapun cabang yang dilombakan untuk SD, pada cabang olahraga yaitu atletik, senam, renang, bulutangkis, silat dan karate. Sementara cabang seni yaitu menyanyi solo, seni tari, pantomim, gambar bercerita dan karya anyaman.

Pada seleksi di tingkat SMP, cabang olahraga yaitu bulu tangkis, renang, atletik, silat dan karate. Untuk cabang seni khususnya FLS2N yaitu seni tari, menyanyi solo, gitar duet, musik tardisional dan desain poster.

“Terkait dana yang digunakan, secara jujur ini adalah swadaya dari setiap sekolah-sekolah yang ada, hanya karena keinginan bagaimana mengantar prestasi anak-anak, sekolah-sekolah menggunakan dana operasional Bosnas dan Bosda,” ungkapnya.

Ia lanjutkan, walaupun anggaran saat ini terbilang pas-pasan, akan tetapi dengan semangat tanpa pantang menyerah kegiatan dapat laksanakan, sehingganya acara pembukaan dapat dilakukan dan dilanjutkan dengan seleksi.

“Hasil dari seleksi ini, peserta yang terbaik akan mewakili kecamatan Tanjung Selor menuju ke tingkat kabupaten,” urainya.

Pihaknya juga memohon dukungan dan bantuan, lantaran anggaran yang terbatas sekiranya di tahun-tahun yang akan datang, apakah itu Bosnas ataupun Bosda, bantuan dari Pemda bisa ditingkatkan.

“Sehingga kegiatan seperti ini bisa bertambah meriah dan semarak,” tuturnya.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa, apabila nantinya ada peserta yang menuju ke tingkat nasional, ia juga memohon bantuan dan dukungan penuh dari Pemkab Bulungan.

“Karena setiap kali siswa kita mencapai ke tingkat nasional, sekolah sibuk mencari dana, untuk itu kami berharap kepada Pemda,” ucapnya mengakhiri.(MC Bulungan/slu)