SDN 001 Tanjung Selor Gelar Outdoor Classroom Day (OCD) “1 November 2018”

358

Tanjung Selor (kla.id) – Memperingati Hari Belajar di Luar Kelas (Outdoor Classroom Day) adalah hari untuk merayakan dan menginspirasi bermain serta pembelajaraan diluar kelas. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan Outdoor Classroom Day, Kamis (01/11/2018).
Kegiatan ini adalah salah satu bentuk implementasi dari amanat Konvensi Hak Anak (KHA) dan UU Tentang Perlindungan Anak sekaligus mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA).
Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.
Salah satu perwujudan dari sekolah ramah anak, satu diantaranya dengan menyelenggarakan kegiatan Outdoor Class Room Day yang dilaksanakan secara serempak 1 November 2018 oleh satuan pendidikan tingkat SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/ MA dan SLB.
Pada kegiatan OCD ini SD Negeri 001 Tanjung selor mengusung tema sarapan setiap hari, perilaku hidup bersih dan sehat, olahraga dan cinta tanah air.