Semarak Muharram di Masjid Ramah Anak

25

Kota Jambi (kla.id)

 

Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga kegembiraan mereka adalah saat bermain dimanapun mereka berada termasuk saat mereka berada di masjid. Saat berada di masjid itulah mereka seringkali dianggap pembuat gaduh dan mengganggu kekhusyukan bagi jamaah yang sedang menjalankan ibadah sholat.Menciptakan masjid ramah anak memang membutuhkan kesiapan pengurus mesjid, tata ruang, dan kesadaran tinggi seluruh jemaah. Padahal anak-anak kecil juga memiliki hak guna masjid.Adapun candaan mereka yang mengganggu kenyamanan jemaah dewasa, cukup diperingatkan dengan ahsan secara lemah lembut, tidak perlu bentakan, hardikan, dan cara kasar lainnya karena cara tersebut dapat menciptakan trauma secara psikologis dan hal buruk lainnya.

Beragam kegiatan digelar dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam, 1 Muharram  1438 Hijriyah di wilayah Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. Salah satunya yang dipusatkan di Masjid Rahmatullah dan Masjid An Nur. Beberapa kegiatan telah selesai dilaksanakan, puncaknya pada tanggal 10 September 2019 pemberian piala semarak muharam diberikan kepada anak-anak yang telah berpartisipasi mengikuti lomba dan pemberian santunan kepada anak yatim di kelurahan Eka Jaya.

Anak-anak adalah penerus kita. Merekalah yang kelak akan menjadi imam sholat, menjadi imam negeri. Tak maukah kita masjid-masjid kita penuh diisi oleh generasi mudanya, bukan Cuma para kakek atau nenek? Ramahlah pada anak-anak, ingatkan dan bimbing mereka dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang.  Sehingga tak ada trauma pada masjid atau pengurusnya. Mari bangun masjid-masjid yang ramah anak.