Sinjai Kembali Menerima Penghargaan KLA Tingkat Pratama

64

Makassar (kla.id)

Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, yang bertempat di Hotel Four Points By Sheraton Makassar.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (BP3A2KB) Hj. Mas Ati, yang mendampingi Bupati Sinjai mengatkan bahwa Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kepemimpinan Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, memiliki komitmen yang kuat dalam hal pemenuhan hak anak dan perlindungan melalui dukungan dalam hal kelembagaan melalui Perda, Perbup, Kebijakan, mendorong gugus tugas KLA, mengoptimalkan 5 kluster, dan 24 indikator KLA, antara lain. Kluster Hak Sipil dan kebebasan, kluster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, kluster perlindungan khusus.
Berdasarkan evaluasi pihak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang dilakukan secara bertahap Evaluasi mandiri berbasis online dan dilanjutkan evaluasi administrasi dan verifikasi lapangan.

Adapun peringkat KLA adalah PRATAMA, MADYA, NINDYA, UTAMA.dan kali ini Pemkab Sinjai meraih penghargaan Pratama. Kata Mas Aty.

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa mengharapkan bahwa kedepannya Kabupaten Sinjai bisa memberikan lebih banyak perhatian kepada anak-anak di Kabupaten Sinjai, dari yang ada pada saat ini.

Khususnya memberikan perlindungan yang lebih, pendidikan dan prasarana untuk mereka di Kabupten Sinjai. Sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus masa depan Kabupaten Sinjai.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan, agar Kabupaten Sinjai kedepan bisa meningkatkan peringkatnya dari Pratama ke Madya, dan juga bisa mendapatkan penghargaan sekolah ramah anak terbaik.

Sebanyak 247 kabupaten kota mendapatkan penghargaan kota layak anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Ke 247 tersebut mendapatkan penghargaan untuk 5 kategori tingkatan yakni KLA Pratama, KLA Muda, KLA Nindya, KLA Madya dan KLA Utama.