SMA Negeri 1 Tanjung Selor Gelar Sosialisasi dan Pelantikan Pengurus PIK – R

61

Tanjung Selor (kla.id) – SMA Negeri 1 Tanjung selor bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Tanjung Selor, Forum Anak Daerah Kabupaten Bulungan dan Duta PIK – R Kabupaten Bulungan menggelar sosialisasi dan pelantikan pengurus  Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK – R) berbasis pendidikan. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang pertemuan SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Sabtu (21/09/19).

Fitri Agustini, SE salah satu Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Tanjung Selor mengatakan “maksud dari pembentukan PIK R  sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap problematika yang terjadi di dunia remaja kini BKKBN telah meluncurkan kelompok yang bersifat keremajaan”, ujarnya.

PIK-Remaja adalah program PKBR yang dilakukan oleh remaja serta telah diberi bekal untuk terjun langsung menghadapi problematika keremajaan seperti KRR, HIV,-AIDS, dan NAPZA. Serta dikuatkan dengan program life skill bagi remaja.

” Salah satu tujuan dari kegiatan ini mensosialisasikan Program Gendre GenRe. Dimana Program GenRe (Generasi Berencana) adalah program BKKBN dengan sasaran pada remaja yang tujuan utamanya adalah untuk melaksanakan Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP)”, pungkasnya.

Selain itu dalam kegiatan ini turut hadir Said, salah satu pengurus PIK – R yang ada di Kabupaten Bulungan menjelaskan bahwa PIK – R adalah suatu wadah kegiatan program KRR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

” Program KRR adalah program untuk membantu remaja agar TEGAR dari resiko TRIAD KRR, dan memiliki status sistem reproduksi yang sehat melalui peningkatan komitmen, pemberian informasi, pelayanan konseling, rujukan medis dan pendidikan kecakapan “, ujarnya.

PIK – R diperlukan karena PIK – R merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan remaja di masa sekarang dan di masa depan. Hal tersebut dikarenakan remaja adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik. Apabila remaja di suatu bangsa dapat mengubah bangsa ke arah yang lebih baik, maka bangsa tersebut akan menjadi bangsa yang memiliki generasi-generasi penerus yang hebat.