Sosialisasi Advokasi Sekaligus Pengukuhan Aktivis PATBM dan FAD Tingkat Desa di Desa Apung

200

Tanjung Selor (kla.id) – Bertempat di Gedung PKK Desa Apung Kecamatan Tanjung Selor, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Kecamatan Tanjung Selor dan Pemerintah Desa Apung melakukan Sosialisasi Advokasi sekaligus pengukuhan aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Forum Anak Daerah (FAD), Senin (15/12/2018).
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas DP3AP2KB dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes beserta Staf, Camat Tanjung Selor Errin Wiranda , SE beserta staf, Kepala Desa Apung beserta staf, Perwakilan siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menegah Pertama dan Sekolah Dasar Desa Apung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu dr.Hj, Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber PATBM dan Ibu Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber FAD.
Dalam pemaparan materinya Ibu dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes mengatakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak. Gerakan tersebut dapat dikelola dengan menggunakan dan mengembangkan fungsi struktur kelembagaan yang sudah ada atau jika diperlukan dengan membangun struktur kelembagaan baru.


Selanjutnya pada sesi berikutnya Ibu Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd dalam materinya tujuan dibentuknya Forum Anak agar bakat dan kemampuan anak lebih tergali dan potensi anak dapat berkembang dengan baik, agar dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah anak, agar anak menyadari akan hak-hak yang dimilikinya dan agar masyarakat lebih menghargai anak sebagai penerus bangsa, ujarnya.


Selanjutnya kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber.
Kemudian kegiatan ini di tutup dengan pengukuhan ketua dan anggota FAD dan aktivis PATBM Desa Apung Kecamatan Tanjung Selor.