Sosialisasi Aplikasi Sinden Tumbang di Pertemuan Gugus PAUD Gemilang Tanjung Selor

262

Tanjung Selor (kla.id) – Bertempat di PAUD AZKA Tanjung Selor (13/08/2018) diadakan Pertemuan Gugus PAUD Gemilang sekaligus sosialisasi tentang aplikasi Sinden Tumbang. Sosialisasi kali ini merupakan lanjutan dari sosialisasi sebelumnya yang diadakan pada Bulan Desember 2017.“Kenapa kami adakan lagi? Karena berdasarkan pantauan kami ternyata PAUD yang sudah pernah disosialisasi datanya banyak yang belum masuk. Padahal datanya sangat penting dan sangat kami perlukan untuk menyusun kegiatan terkait pemenuhan hak anak dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu kami mohon kerjasamanya untuk dapat mengisi data kesehatan anak di aplikasi Sinden Tumbang” Papar Nuraini Asri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Utara.

Sinden Tumbang adalah suatu aplikasi yang bisa menggambarkan pemenuhan hak kesehatan anak yang ada di PAUD/TK. Melalui aplikasi ini akan didapatkan status gizi anak, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan gangguan perkembangan pada anak. Sehingga dapat diketahui jumlah anak yang tergolong gizi buruk, gizi kurang, gizi baik, gizi lebih dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Data yang ada dapat dipakai oleh stakeholder terkait untuk merencanakan program kegiatan yang berkaitan dengan anak, seperti pelatihan deteksi dini tumbuh kembang oleh guru PAUD/TK dan pelatihan penanganan ABK oleh guru dan orang tua, dan lain-lain.

Acara dihadiri oleh guru dari 10 PAUD yang tergabung dalam Gugus PAUD Gemilang yang diketuai oleh Ibu Mari Bit, dan sudah menjadi kegiatan rutin yang bertujuan agar ada upgrade ilmu untuk para guru PAUD.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat terutama guru PAUD menyadari tentang pentingnya pemenuhan hak kesehatan anak sejak dini, selain itu bisa mengokohkan sinergitas antara berbagai lembaga terkait pemenuhan hak anak.

(Neni)